Home » Cirebon » Desa Cigobangwangi Optimalkan DD 2017 untuk Kegiatan Berikut Ini

Desa Cigobangwangi Optimalkan DD 2017 untuk Kegiatan Berikut Ini

CIREBON – Pemerintah pusat tahun 2017 ini tengah fokus membenahi infrastruktur di tingkat desa. Untuk itu, dalam waktu dekat pemerintah bakal merealisasikan penyaluran dana desa (DD) tahun 2017 kepada pemerintah desa di seluruh Nusantara.

Kuwu Cigobangwangi – Wahidin

Dana desa tersebut bakal disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ke rekening milik desa. Hal itu jelas disambut antusias para kepala desa (kades) atau kuwu se-Indonesia. Tak terkecuali Kuwu Desa Cigobangwangi, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, yang kini alokasinua sudah cair sebesar 60% (DD tahap 1).

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, alokasi DD di tahun 2017 ini akan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang Pembangunan infrastruktur Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan prosentase 80% infrastruktur dan 20% pemberdayaan masyarakat.

Kepada jabarpublisher.com, Kuwu Cigobangwangi, Wahidin, membedah penggunaan DD 2017 tersebut. Ia mengatakan, prioritas utama DD tahap 1 sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. “Saya gunakan DD tahap 1 ini untuk pengaspalan di semua Dusun. Ada 4 dusun di desa kami, dan dari Dusun 1 sampai Dusun 4 sudah kami aspal,” ujarnya, Rabu (7/6/2017).

Ia menjelaskan, masih dalam ranah perbaikan infrastruktur, pihaknya juga menggelar pemasangan paving blok di halaman belakang kantor desa, tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Cigobangwangi yang membutuhkan pelayanan di kantor desa setempat.

“Sedangkan untuk bidang pemberdayaan masyarakat, kami memberikan santunan kepada anak yatim, orang jompo dan fakir miskin. Di bulan ramadhan ini kami juga menyalurkan tunjangan tahunan untuk imam masjid, imam musholla, Guru TPQ, Guru Formal serta untuk kegiatan safari ramadhan. Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan yang kami gelar disambut antusias oleh warga,” jelas Wahidin mengakhiri wawancara. (crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*