Home » Cirebon » DD 2017, Kuwu Melakasari Fokuskan Infrastruktur & Berdayakan Masyarakat

DD 2017, Kuwu Melakasari Fokuskan Infrastruktur & Berdayakan Masyarakat

CIREBON – Pemerintah pusat tahun 2017 ini tengah fokus membenahi infrastruktur di tingkat desa. Untuk itu, dalam waktu dekat pemerintah bakal merealisasikan penyaluran dana desa (DD) tahun 2017 kepada pemerintah desa di seluruh Nusantara.

PROGRAM hotmix dan pengerasan jalan menjadi fokus program DD 2017 di Desa Melakasari.

Dana desa tersebut bakal disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ke rekening milik desa. Hal itu jelas disambut antusias para kepala desa (kades) atau kuwu se-Indonesia. Tak terkecuali Kuwu Desa Melakasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, yang kini alokasinya sudah cair sebesar 60% (DD tahap 1).

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, alokasi DD di tahun 2017 ini akan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang Pembangunan infrastruktur Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan prosentase 80% infrastruktur dan 20% pemberdayaan masyarakat.

Kepada jabarpublisher.com, Rabu (14/6/2017), Penjabat Kuwu Melakasari, Mulyono S.IP menuturkan, ada sejumlah program yang digagas olehnya. “DD 2017 tahap 1 Desa Melakasari, kami gunakan untuk merehab infrastruktur, antara lain hotmix jalan di semua Dusun yakni Dusun 1 sampai Dusun 3. Ada juga program pengerasan jalan di Dusun 2 Dan Dusun 3,” ujar Penjabat Kuwu yang dikenal cepat beradaptasi ini.

Ia menjelaskan, adapun untuk bidang Pemberdyaan Masyarakat yang alokasinya sebesar 20% dari¬†dana desa, akan digunakan untuk PMT posyandu dan tunjangan honorer. “Pada program pemberdayaan masyarakat akan kami gunakan untuk pengembangan posyandu, honorer guru ngaji, guru PAUD, Imam Musholla, serta santunan anak yantim dan fskir miskin,” pungkasnya. (crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*