Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Hari Pertama Sekolah, Ortu Dampingi Anak “Rebutan” Bangku Sekolah

Hari Pertama Sekolah, Ortu Dampingi Anak “Rebutan” Bangku Sekolah

Hari Pertama Sekolah, Tak Jarang Anak Yang Tidak Ingin Masuk Kelas

TASIK – Sejumlah orangtua murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Galunggung, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ramai-ramai dampingi anaknya sekolah di hari pertama yang duduk di kelas satu. Bahkan beberapa anak tidak mau masuk kelas dan tidak mau lepas dari orangtuanya ingin didampingi ibunya.

Para orangtua mengaku rela menunggu anak-anak mereka dari mencari tempat duduk, hingga jam belajar selesai. Sebanyak 160 siswa baru masuk sekolah. Tak hanya itu, mereka pun datang lebih awal demi mendapatkan posisi bangku yang diinginkan, Senin (17/7/2017).

Menurut Kepala Sekolah SD Galungung, Nana Hermawan, mengatakan orangtua dapat menemani masuk kelas selama satu minggu saja. “Terutama untuk kelas satu, paling satu minggu ibunya bisa ikut masuk ke kelas setelah kesananya orangtua tunggu diluar kelas,” ujarnya.

Sementara itu, Supanna (32) orangtua siswa Warga Jalan Yudanegara, mengatakan anaknya masih malu-malu dengan teman-teman barunya. “Ini baru hari pertama masuk, jadi anak grogi belum saling kenal nanti lama-lama terbiasa sendiri-sendiri,” ujarnya.

“Iya saya tunggu dulu sebulan atau dua bulan, nanti kalau udah kenal sama teman-temanya udah dekat dan anak tau mana yang galak dan pada baik nanti dia juga bisa sendiri. Tadi anak saya engga mau ditinggal soalnya itu anak yang paling bungsu,” imbuhnya.

Pada hari pertama hingga tiga hari kedepan, proses belajar mengajar siswa baru, belum efektif. Siswa diharuskan mengikuti program pengenalan lingkungan sekolah atau orientasi untuk melatih keberanian. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*