Home » Cirebon » Begini Langkah Sigap Dishub Kab Cirebon Benahi Terminal Ciledug

Begini Langkah Sigap Dishub Kab Cirebon Benahi Terminal Ciledug

CIREBON – Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon akan menertibkan Terminal Losari, berupa pemasangan portal permanen. Guna kenyamanan Angkutan Perdesaan (Angdes) dan ketertiban terminal tersebut. Agar kendaranan bus dan truk tidak parkir didalam terminal, karena Terminal Losari ini terminal khusus Angdes, Rabu (2/8). Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Abraham Muhamad, mengatakan banyaknya bus yang parkir dalam Terminal Losari, tentunya berdampak pada kenyamanan Angdes. “Kendaraan besar yang parkir dalam terminal tentunya membuat resah para sopir Angdes. Maka untuk ke depannya akan dipasang portal permanen,” katanya disela peninjauan Terminal Losari.

Kadis Perhubungan, Abraham memberi arahan pada supir angkut agar bus dan truk.

Abraham menjelaskan, selama ini Dinas Perhubungan terus berupaya maksimal dalam berbagai hal diantaranya akan dibangun tempat pengujian dan gudang Penerangan Jalan Umum (PJU) di Terminal Ciledug Kab Cirebon. Selain itu, PJU akan terpasang di tiap titik tertentu seperti Puskesmas, Sekolah, dan tempat yang sekiranya memerlukan penerangan. Sehingga, program ‘Cirebon Terang’ dapat terwujud. “Penerangan yang terpasang nanti, tentunya sesuai kewenangan Kabupaten Cirebon saja. Saya kecewa dengan pemerintah provinsi dan pusat yang belum merealisasikan hingga saat ini. Contohnya ketika arus mudik lalu, di jalur Pantura masih ada bebepa titik yang belum terpasang PJU. Untungnya, banyak pedagang di pinggir jalan. Sehingga, membantu penerangan bagi pemudik,” jelasnya.

Masih dikatakan Abraham, rencana Provinsi Jawa Barat mengambil alih Terminal Ciledug dan Terminal Sumber, tentunya perlu ada kesepakatan dalam pengelolaan. Misalnya, dalam satu hamparan Terminal Ciledug akan diambil alih provinsi, maka sebagian kecil dari tempat tersebut perlu diambil alih kabupaten. Salah satunya, dalam pembangunan gedung pengujian kendaraan bermotor dan gudang PJU. “Dengan adanya tempat pengujian kendaraan di wilayah timur, tentunya menambah dekat pelayanan pada masyarakat. Begitu juga dengan adanya gudang PJU, dapat mempermudah pengerjaan pemasangan PJU di wilayah timur.

Kepala Terminal Ciledug, Sudibyo mendukung upaya Kepala Dinas Perhubungan dengan dibangunnya gedung pengujian kendaraan bermotor dan gudang PJU. “Kasihan masyarakat yang akan uji kendaraan. Dari jarak yang relatif jauh, maka sangat diperlukan membangun gedung pengujian kendaraan bermotor,” kata Sudibyo. (adv/crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.