Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Wayang Ajen Hibur Warga Tasikmalaya

Wayang Ajen Hibur Warga Tasikmalaya

Wayang Ajen Hibur Warga Tasikmalaya

TASIK – Dalam rangka melestarikan Budaya Kementerian Pariwisata juga untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia maka digelar acara “Semarak Wayang Pesona Indonesia” yang diadakan di lapangan upacara dadaha Kota Tasikmalaya, Jumat (11/8) malam.

Berbagai acara mulai dari workshop, dzikir bersama dan pertunjukan Wayang Ajen yang siap diangkat dalang beken Ki Wawan Ajen untuk menghibur warga Kota Tasikmalaya. ”Seni pertunjukan wayang bukan sekedar tontonan untuk kalangan tertentu, namun juga bisa menjadi tontonan untuk semua kalangan masyarakat sebagai tontonan yang memiliki nilai budaya,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Esthy Reko Astuty.

Lanjut Esthy Reko Astuty, kelebihan Wayang Ajen dibanding wayang lain pada umumnya yaitu dari sisi teknologi. “Kecepatan teknologi informasi diimbangi dengan sajian multimedia, tata cahaya, tata suara dan tata panggung yang merekonstruksi struktur lama menjadi modern,” paparnya.

“Selain itu, Wayang Ajen menembus go international. Wayang Ajen menjadi nomor satu di India tahun 2010. Wayang Ajen juga diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia,” imbuhnya.

Pelestarian wayang sebagai warisan budaya dunia melalui United Nations Education Scientific Cultural Organization (UNESCO) diharapkan juga dapat dilakukan diseluruh nusantara, karena kesenian wayang dimiliki seluruh daerah yang ada di Indeonesia. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.