Home » Cirebon » Besok Sampah Bendungan Canggong Bakal di Normalisasi

Besok Sampah Bendungan Canggong Bakal di Normalisasi

Besok Sampah Bendungan Canggong Bakal di Normalisasi

CIREBON – Menumpuknya sampah di bendungan Canggong sungai Cipager yang mengakibatkan banyak warga sekitar bantaran sungai tersebut mengeluh. Langsung direspon cepat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Cirebon.

Rencananya, Dinas terkait akan melakukan normalisasi sungai Cipager tepatnya di bendungan Canggong dengan menerjunkan beberapa alat berat serta regu tenaga kebersihan sebanyak 20 personil. “Besok (Rabu, red) berencana akan normalisasi bendungan canggong. Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk bantuan tenaga kebersihan untuk memebersihkan sampahnya,” kata Iwan Rizki Kabid Sumber Air pada Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang melalui sambungan telepon selulernya, Selasa, (22/8/2017).

Dikatakan, untuk teknis pembersihan sampah-sampah di sungai tersebut, sebagian akan diangkut dengan menggunakan truk dan sebagian akan dibuang ke bantaran sungai setempat. Sebenarnya, kata dia, sungai tersebut merupakan kewenangan BBWSCC, namun karena lokasinya berada di Kabupaten Cirebon, maka pihaknya pun rutin membersihkan dalam satu bulan dua kali. “Ini sebenarnya kewengana BBWSCC ya, tapi karena lokasi di kita maka ya tetap kita anggarkan juga,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi agar masyarakat tak lagi membuang sampah di sungai tersebut, maka ke depan pihaknya akan memagar lokasi tersebut agar masyarakat setempat maupun pengendara yang lewat tidak bisa membuang sampah di sungai itu. Namun, katanya, baru akan diajukan di anggaran perubahan 2017 nanti.

“Mudah-mudahan kalau nanti di ACC dirubah. Tapi kalau enggak ya di anggaran 2018 kita masukkan lagi. Karena lumayan membutuhkan anggaran besar, sebab itu kan nanti kanan kiri ya, dan tingginya juga lebih dari dua meter,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.