Home » Cirebon » Kab Cirebon » Sampah Bendungan Canggong Akhirnya Diangkat

Sampah Bendungan Canggong Akhirnya Diangkat

CIREBON – Memasuki musim kemarau, ditambah masyarakat dari hulu sungai membuang sampah kesungai. Dengan demikian dampak dari pembuangan sampah kesungai tidak akan terasa kepada yang membuang. Karena masyatakat itu rata-rata yang penting dihalaman rumah dia bersih tapi tidak memikirkan dampak yang akan ditimbulkan.

“Informasi warga sekitar, pejalan entah itu pakai becak, motor bahkan mobil buang sampah kesungai ini lewat atas jembatan, sekitar pukul 1 dini hari sampai subuh proses pembuangannya. Dampaknya jelas akhirnya sampah numpuk disini,” kata Iwan Rizki saat ditemui di sela-sela pembersian sampah di bendungan canggong, Rabu (23/8/2017).

Disinggung pembuangan sampah ini hanya dilemparkan ke bawah sungai, Iwan menjelaskan, pihaknya tidak bisa mengangkut sampah kalau tidak dikumpulkan dahulu. “Dibuang kebawah itu kita kumpulkan, kalau kita ambil atau angkat dari atas bendungan susah, makanya kita lemparkan sampah kewabah sungai baru kita bungkus sampah dengan kantong yang sudah kami sediakan,” terangnya.

Upaya akan dilakukan yakni akan rutinkan sebulan dua kali pembersihan sungai. Bukan hanya sungai canggong saja tapi semua sungai yang menjadi kewenangan dinasnya.

Untuk menghindari dan mengantisipasi hal itu pihaknya akan melalukan pemagaran di sekitar jembatan dan bantaran sungai. “Mudah-mudahan tahun sekarang bisa dianggarkan, kalau tidak kita ajukan lagi di 2018. karena ini harus kita tanggulangi.

Masyarakat selama ini sungau jadi andalan untuk membuang sampah akhir. “Diharapkan masyarakat baik yang dihulu maupun yang lewat jangan buang sampah kesungai, buanglah sampah yang benar sesuai tempatnya,”tukasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.