Home » Bandung » Karnaval Kemerdekaan 2017, Aher Tawari Jokowi Kenakan Beskap Sunda

Karnaval Kemerdekaan 2017, Aher Tawari Jokowi Kenakan Beskap Sunda

Karnaval Kemerdekaan 2017, Aher Tawari Jokowi Kenakan Beskap Sunda

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) telah menawari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), untuk mengenakan pakaian Beskap khas adat Sunda saat menghadiri Karnaval Kemerdekaan HUT RI ke-72 di Bandung, Sabtu (26/08/2017).

Aher mengatakan, pakaian adat Sunda sendiri memang banyak ragamnya. Ia mengaku telah menawarkan beberapa jenis pakaian adat khas sunda pada Jokowi untuk digunakan pada puncak peringatan HUT RI ke-72 yang dipusatkan di Kota Bandung tersebut.

“Ada banyak (pakaian khas Jabar) yang ditawarkan ke Pak Presiden. Tetapi modelnya tentu beliau yang akan memilih, beliau mau pakaian adat Sunda mana yang akan dipakai,” ungkap Gubernur Aher, saat ditemui di Hotel Horison Bandung, Jumat (25/08/2017).

“Kan banyak adat Sunda itu, ada dari Sumedang, Karawang, Cirebon, ada daerah Bekasi dengan adat sunda-betawi kan lain lagi. Jadi menggunakan adat Sunda manapun bagi presiden dalam berpakaian enggak masalah,” Sambung Dia.

Pada Karnaval Kemerdekaan bertajuk ‘Pesona Parahyangan’, Presiden Jokowi dan peserta karnaval memulai konvoi dari Gedung Sate pada pukul 14.00 WIB. Kemudian melewati Jalan Ir H Djuanda (Dago), lalu menuju Jalan Merdeka untuk berhenti di Taman Vanda, yang akan menjadi lokasi panggung kehormatan presiden.

Setelah menyapa peserta karnaval di panggung kehormatan, kepala negara melepas peserta karnaval, untuk melanjutkan arak-arakan sampai ke titik akhir di Alun-alun Kota Bandung.

Aher juga menuturkan, dihadapan panggung kehormatan Presiden, peserta karnaval akan unjuk gigi menampilkan berbagai macam suguhan. “Presiden akan naik panggung kehormatan. Dan semua arak-arakan akan melewati panggung kehormatan presiden,” jelas Aher.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, yang merupakan puncak perayaan 17 Agustus dan penutup dari bulan kemerdekaan tahun ini akan diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Pesta rakyat bertajuk ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017​’ yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 ini mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’​.

Karnaval ini melibatkan lebih dari 1.200 peserta berlatar belakang seniman dan berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat, serta perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia, termasuk diantaranya adalah yang sudah memiliki reputasi internasional. Pada Karnaval kali ini, pemerintah hanya menjadi fasilitator. Kurasi dan produksi Karnaval dilakukan oleh Tim yang berasal dari Jawa Barat dipimpin oleh Kang Aat Suratin.

Karnaval ini melanjutkan tradisi menutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak tahun 2015. Di tahun 2015, perayaan bertajuk ‘Karnaval Khatulistiwa’ diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat, dilanjutkan dengan ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba’ di Parapat dan Balige, Sumatra Utara, tahun lalu.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, sejumlah Menteri, Gubernur Jawa Barat, dan Walikota Bandung.

Presiden dan Ibu Negara akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Kareta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang mengejawantah dalam laku budaya berupa kebersamaan.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 14.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3.8 km. Rangkaian Karnaval akan di mulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago), Jl Merdeka menuju ke Taman Vanda. Di Taman Vanda Presiden RI dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian Karnaval. Selanjutnya rangkaian Karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya Jl. Asia Afrika. Selain itu, akan ada Festival Komunitas di Jl. Sukarno dan Taman Sungai Cikapundung. (hms/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.