Home » Cirebon » “Si Timo” Maskot Pilkada Kab Cirebon 2018

“Si Timo” Maskot Pilkada Kab Cirebon 2018

CIREBON – Suatu ajang pemilihan kepala daerah baik di tingkat Gubernur, Bupati, Walikota. Tiap daerah pasti memunculkan suatu branch atau ciri khas dari daerah tersebut untuk dimunculkan dalam bentuk maskot untuk suatu pemilihan kepala daerahnya tersebut.

Kabupaten Cirebon contohnya, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menyebar luas lomba desain maskot yang akan digunakan pada ajang pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. Ada beberapa peserta lomba yang ikut mendaftar dalam lomba maskot tersebut.

“Mencari maskot dengan cara kita lombakan, Alhamdulillah sebelum pelaksanaan kita sudah menentukan maskot untuk pilkada Kabupaten Cirebon 2018 mendatang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli dalam acara media gathering dengan rekan-rekan media di aula KPU, Senin (28/8/2017).

Dikatakan, maskot untuk Pilkada bupati dan wakil bupati Cirebon 2018 mendatang pihaknya lebih memilih berbentuk canting. “Tentunya maskot yang bergambar canting itu ada filosofinya. Pemenangnya dari wilayah Kota Cirebon yakni Ikhsan Dwiyono.  Kedepan diharapkan putra putri Kabupaten Cirebon bisa menyumbangkan ide kreatifnya,” jelas Asep sapaan akrabnya Saefuddin Jazuli.

Ditambahkan, filosofi dari maskot karakter canting atau “si timo” (si Canting Demokrasi) tersebut ialah, canting itu suatu benda atau alat untuk membuat satu kerajinan masyarakat Kabupaten Cirebon yaitu batik dan bisa menghasilkan beberapa kain batik yang salah satunya bermotifkan mega mendung batik khas Cirebon. “Karena batik ini warisan adiluhung yang tidak hanya seni semata namun banyak makna lebih dari batik itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Asep, dalam membatik punya arti yang tersendiri seperti bisa mempelajari arti dari membatik itu belajar tentang keselarasan, konsistensi dan juga menentukan kualitas yang diinginkan untuk mencapai keunggulan. “Nah filosofi mrmbatik itu ada kaitan dengan Pilkada Kabupaten Cirebon 2018 dimana rakyat Kabupaten Cirebon diharapkan mendapatkan hasil pemimpin yang berkualitas untuk membawa Kabupaten Cirebon kearah lebih baik lagi dan sejahtera lima tahun kedepan,” imbuhnya.

Perlu diketahui KPU Kabupaten Cirebon selain maskot yang dilombakan, jingle Pilkada Kabupaten Cirebon 2018 pun ikut dilombakan, dan KPU sudah memiliki pemenangnya yakni warga Gunung Jati Kabupaten Cirebon bernama M Denny Friansyah dengan judul jingle Ayo pilih. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.