Home » Cirebon » Meriahnya Pawai Tahun Baru Islam 1439 H, Persembahan “YAMUNA”

Meriahnya Pawai Tahun Baru Islam 1439 H, Persembahan “YAMUNA”

CIREBON – Datanganya Tahun Baru Islam, selalu disambut gembira umat muslim di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali bagi insan pelajar di Kab Cirebon. Berlokasi di Desa Dompyong Wetan, Kecamatan Gebang, sekitar 200 peserta mengikuti pawai Tahun Baru Islam 1439 H yang diselenggarakan Yayasan Almau’izhatul Husna (YAMUNA), Rabu (20/9) sore. Untuk diketahui, YAMUNA merupakan yayasan yang menaungi PAUD Almira Najla & RA Dhiyaush Shafa.

MESKI rute cukup jauh, namun siswa-siswi tampak semangat mengikuti pawai hingga usai.

Suasana sore di jalan desa semakin semarak karena dipenuhi anak-anak. Usai berdoa bersama dipimpin oleh salah satu guru DTA, Moh Khaerul Anwar, pawai pun dimulai dibuka dengan marching band. Sambil bershalawat dan menyebut asma Allah, mereka menyusuri rute jalan desa yang telah ditentukan. Dengan mengenakan kostum muslim bernuansa putih, anak-anak tampak ceria sambil membawa spanduk bertemakan “Tahun Baru Hijriyah” dan spanduk-spanduk unik lainnya.

KEPALA RA Dhiyaush Shafa berfoto dengan salah seorang siswa bernama Devan Rahadian Hafizh.

Didampingi para guru dan orang tua, mereka berjalan dengan penuh semangat, tampil polos, lengkap dengan kelucuan mereka. Pawai tersebut juga mendapat simpati dari masyarakat. Bahkan beberapa pengguna jalan memilih berhenti untuk memberikan kesempatan. Tidak sedikit pula yang mengabadikan momen indah itu dengan kamera ponsel.

Kepada jabarpublisher.com, Kepala Sekolah RA Dhiyaush Shafa, Gina Agitsniana, ST mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang sudah turun-temurun. “Pawai ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah kita tercinta, PAUD Almira Najla & RA Dhiyaush Shafa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh YAMUNA dengan melibatkan seluruh siswa yang berada di bawah naungan YAMUNA (PAUD Almira Najla, RA Dhiyaush Shafa, TPQ, DTA, MT Al Mau’izhah),” katanya.

DENGAN membawa atribut dan spanduk, suasana pawai Tahun Baru Islam makin semarak.

Lebih jauh Gina menjelaskan, tujuan diadakannya pawai tersebut sebagai wadah silaturahim siswa-siswi, orang tua, sekaligus melestarikan budaya yang sudah ada sejak yayasan tersebut berdiri pada tahun 2006. Kala itu, YAMUNA dipimpin langsung ulama besar di Cirebon Timur, KH. M. Thohar Mukhlis (alm). “Saat ini yayasan kami berada dibawah kepemimpinan H.M Ru’yatulloh S.Pd.I. Dan hingga kini kegiatan sambut tahun baru Islam ini terus kita lestarikan. Tujuannya, sebagai wadah silaturahim agar warga Yamuna bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya,” terang dia.

Tahun baru adalah harapan baru, begitulah kira-kira filosofi pawai yang digaungkan Yamuna pada 1 Muharram 1439 H ini. “Melalui pawai ini, kita dapat bersatu menyambut tahun dengan semangat baru, dengan harapan baru. Dan semoga tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” harap Gina. (jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.