Home » Cirebon » Demi Visi Pilkada Sukses, KPU Kabupaten Cirebon & Media Massa Teken MoU
Demi Visi Pilkada Sukses, KPU Kabupaten Cirebon & Media Massa Teken MoU

Demi Visi Pilkada Sukses, KPU Kabupaten Cirebon & Media Massa Teken MoU

CIREBON – Gebrakan demi gebrakan terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon. Setelah sibuk melaksanakan serangkaian tahapan awal jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, kini KPU mengundang beberapa pentolan media baik media cetak, elektronik dan media online yang ada di Cirebon guna menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) di Kantor KPU Kab Cirebon, Jalan Dewi Sartika No 100, Sumber, Senin (9/10/2017).

TUNJUKKAN – Ketua KPU Kab Cirebon Saefuddin Jazuli dan Pemred Jabar Publisher Hasan Zaelani (Jay) menunjukkan berkas MoU kerjasama yang sudah ditandatangani.

Dalam acara yang dihadiri belasan pimpinan media tersebut, Ketua KPU Kab Cirebon Saefuddin Jazuli berharap, melalui agenda ini media yang sudah bermitra bisa mengemas berbagai informasi secara baik dan akurat, sehingga proses dan tahapan pilkada serentak, khususnya Pilgub Jabar dan Pilbup Cirebon 2018 bisa berjalan sukses.

“Hasil akhirnya adalah menuju pilkada sukses, terbaik dalam setiap tahapan dan tidak penuh dengan gejolak. Karena di tangan media-lah opini masyarakat bisa diarahkan,” katanya. Tak lupa, Saefuddin juga menjelaskan secara tersirat terkait penggunaan anggaran pilkada di KPU Kab Cirebon sebesar Rp 33 miliar. Ada pula penjelasan ‘aturan main’ calon perseorangan yang harus mengumpulkan dukungan minimal sebanyak 113.111 dukungan dan tahapan-tahapan pemilu lainnya.

Sementara itu, Anggota KPU Divisi Logistik, Sopidi berharap, rekan-rekan media bisa memviralkan secara bersama bahwa pilkada adalah agenda yang seyogyanya bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat, khususnya para pemilih. “Jadi tahapan demi tahapan dari awal sampai ke TPS, rekapitulasi suara, hingga hasil pemilu yakni munculnya pemimpin baru (Bupati dan Wakil Bupati – red) itu harus kita kawal dengan baik, bukan hanya oleh KPU” ulasnya.

Menurutnya, ada PR menyangkut mindset bahwa pemilu tidak melulu menyangkut hal teknis semata, melainkan ada pesan moral agar menjadi kesadaran bersama. “Disinilah saya simpulkan bahwa peran media juga berfungsi sebagai ‘panggung belakang’ disamping fungsi ‘panggung depan’ dari pemberitaan,” ujarnya. Ia juga berharap, pelaksanaan pemilu serentak kali ini, kualitas kontrolnya bisa lebih baik karena sudah berbasis aplikasi Sipol yang telah diinovasikan.

Acara berlangsung hidmat dan lancar hingga selesai. Satu per satu media diundang maju ke depan oleh Ketua KPU untuk menandatangani berkas MoU yang sudah disediakan. Beberapa media yang hadir antara lain media online Jabar Publisher, RRI, Cirebon Trust, Radar Cirebon, Rakyat Cirebon, Fajar Cirebon, Kabar Cirebon, Cirebon Pos, Pilar Radio, RCTV dan lainnya. Acara ditutup dengan foto bersama di depan gedung KPU. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top