Home » Cirebon » Kab Cirebon » Peringati Hari Pangan Sedunia di Kalimantan, DKP Kab Cirebon Perkenalkan Gedong Gincu

Peringati Hari Pangan Sedunia di Kalimantan, DKP Kab Cirebon Perkenalkan Gedong Gincu

CIREBON – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Nasional yang ke-37 akan di laksanakan pada tanggal 19-22 Oktober 2017 di Markas Kodam XII/Tanjungpura Kabupaten Kubu Pura Provinsi Kalimantan Barat.

Tema peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 tahun 2017 ini adalah “Menggerakkan Generasi Muda dalam Membangun Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia”. Pemilihan tema ini sejalan dengan tema HPS yang ditetapkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (Food and Agricultural Organization/FAO), yakni “Change the future of migration. Invest in food security and rural development”.

Dalam peringatan HPS tersebut disisipi kegiatan-kegiatan lainnya seperti seminar, pameran indoor dan outdoor, tur diplomatik, berbagai perlombaan, panen padi, dan ekspor beras dalam rangka pengembangan lumbung pangan di perbatasan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Muhidin pihaknya akan menghadiri pembukaan peringatan HPS tingkat Nasional yang dipusatkan di Kalimantan Barat. Pihaknya akan membawa ciri khas Kabupaten Cirebon untuk ditampilkan atau dipamerkan di acara peringatan HPS tersebut. “Kita mempunyai ciri khas yaitu buah mangga gedong gincu, mangga jenis adalah mangga andalan kita, dan buah ini yang akan kita pamerkan di acara peringatan Hari Pangan Sedunia,” kata Muhidin, Senin (16/10/2017).

Dikatakan, selain membawa gedong gincu yang akan dipamerkan, namun hasil olahan mangga tersebut juga akan dipamerkan seperti jus buah mangga gedong gincu, dodol buah mangga gedong gincu dan batik-batik khas Cirebonan.

Pihaknya berharap dalam acara peringatan HPS ini merupakan sarana promosi dan juga sarana interaksi bisnis. Karena bukan hanya Kabupaten/Kota se-Indonesia namun dihadiri juga dari kalangan dunia usaha baik dari BUMD maupun swasta. “Diharapkan hadirnya Kabupaten Cirebon di HPS yang konon katanya rencananya bakal akan dihadiri 150 negara. Harapannya ada imbas yang positif untuk Kabupaten Cirebon agar lebih dikenal dimana-mana dengan ciri khasnya ini,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.