Home » Headline » Warga Bisa Ikut Pelantikan Anies-Baswedan Dari Dekat Dengan Kacamata VR

Warga Bisa Ikut Pelantikan Anies-Baswedan Dari Dekat Dengan Kacamata VR

JAKARTA – Tim dari Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, mempersiapkan sejumlah kantor kelurahan di Jakarta sebagai tempat bagi warga untuk ikut menyaksikan berbagai acara di Balai Kota setelah Anies-Sandi dilantik pada Senin (16/10/2017) siang nanti.

Warga bisa mengikuti rangkaian acara itu dengan teknologi virtual reality (VR) dengan menggunakan kacamata VR yang disediakan di kantor kelurahan. “Untuk publik di kelurahan, kami sediakan masing-masing dua kacamata VR di kantor kelurahan untuk dicoba bergantian,” kata Head of Citizen Innovation Lab yang sebelumnya Ketua Tim Pakar Smart City Anies-Sandi, Arie Mufti, Senin pagi.

Kantor kelurahan yang dipakai untuk kegiatan itu adalah kantor Kelurahan Menteng Dalam, Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Jatinegara, Kelurahan Pela Mampang, Kelurahan Cipete Selatan, Kelurahan Lebak Bulus, Kelurahan Tanjung Priok, Kelurahan Marunda, Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Kembangan, Kelurahan Duri Kepa, dan Kelurahan Rawa Buaya.

Arie mengungkapkan, selama acara di Balaikota, kelompok relawan Anies-Sandi akan membantu warga yang ingin mencoba teknologi VR. Teknologi VR memungkinkan warga untuk melihat kondisi di lokasi dan menempatkan mereka seolah ada di depan dan sekitar panggung tempat Anies-Sandi berada.

“Kami nyiapin lebih dari lima kamera high definition virtual reality yang merekam suasana di lokasi. Satu ditempatkan di Balai Agung, satu di depan gedung Blok G persis di depannya sehingga ketangkap semuanya, selebihnya kami lihat kondisi di lokasi,” ujar Arie.

Dia menjelaskan, semua tayangan yang direkam dari kamera-kamera di lokasi bisa dilihat secara langsung oleh warga melalui berbagai cara. Kamera-kamera itu merekam semua aktivitas Anies-Sandi mulai dari pukul 16.30 hingga acara selesai sekitar pukul 21.30 WIB.

“Menyaksikannya bisa lewat web jakarta.go.id dan beritajakarta.id. Juga ada beberapa stasiun televisi yang me-relay, sehingga praktis orang seluruh Indonesia bisa melihat baik lewat laptop, tablet, smartphone, dan sebagainya,” kata Arie.

Warga juga bisa menonton berbagai kegiatan terkait pelantikan melalui aplikasi Smart Eye bagi pengguna Android di Google Play. Tayangan dari aplikasi itu bisa dinikmati via smartphone, kacamata VR, hingga smartphone yang dipasangkan ke kacamata VR. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.