Home » Cirebon » Kapolres Cirebon : Pertahankan Kondusifitas Sampai Tahapan Pilwu Selesai!

Kapolres Cirebon : Pertahankan Kondusifitas Sampai Tahapan Pilwu Selesai!

CIREBON – Tiga hari lagi, Kabupaten Cirebon akan melaksanakan hajat demokrasi pemilihan kuwu (Pilwu) serentak, tepatnya tanggal 29 Oktober 2017. Dibawah naungan Kapolres Cirebon AKBP H. Risto Samodra, S.Sos., S.IK., S.H., M.H, suasana kondusif benar-benar bisa dirasakan hingga tahapan kampanye dan masa tenang.

Hal itu tak lepas dari serangkaian langkah persiapan pengamanan Pilwu yang telah dilakukan Polres Cirebon melalui “Operasi Sangkan Jati 2017″. Saat diwawancarai jabarpublisher.com, Kamis (26/10/2017), Kapolres menyampaikan beberapa pesan khusus untuk masyarakat Cirebon dan sekitarnya terkait pelaksanaan Pilwu ini.

DIALOG – Selain turun langsung untuk memantau persiapan Pilwu 2017, Kapolres Cirebon AKBP H. Risto Samodra juga rajin berdialog dengan semua pihak.

“Sampai hari ini, sampai tahapan kampanye pilwu semua kondusif. Semoga bisa dipertahankan sampai semua tahapan selesai. Suasana kondusif di wilayah Cirebon ini terwujud berkat dukungan para calon, tim sukses, dan masyarakat pemilih,” ungkapnya.

Kapolres memaparkan, kegiatan Pilwu serentak 29 Oktober 2017 akan diikuti oleh 328 calon kuwu dari 101 Desa se-Kabupaten Cirebon, 90 Desa masuk ke dalam wilayah hukum Kabupaten Cirebon, sedangkan 11 Desa masuk ke Wilayah hukum Cirebon Kota.

“Kami berpesan, kepada seluruh calon kuwu, para pendukung dan masyarakat, agar saling menghormati dalam pelaksanaan Pilwu serentak. Siapapun yang menang dan yang kalah harus tetap saling menghormati demi terciptanya suasana kondusif sesuai yang telah disepakati dalam deklarasi damai,” terang Risto.

MENYAPA – Dengan ramah, Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra menyapa masyarakat dalam salah satu kegiatan.

Namun pihaknya tak akan tinggal diam bila saat pelaksanaan nanti ditemukan indikasi pelanggaran di lapangan seperti taruhan dan potensi gangguan keamanan lainnya. “Kita bersama jajaran sudah bersepakat, kalau ditemukan indikasi judi, tangkap! Karena itu akan merusak pelaksanaan Pilwu dan mengganggu kondusifitas yang selama ini kita rasakan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kapolres Cirebon melalui Kabag Ops Kompol Setiawan menyampaikan, jumlah personel pengamanan dalam giat Pilwu 2017 ini melibatkan sebanyak 2.554 personel yang terdiri dari Polres Cirebon sebanyak 1.480 personel, ditambah personel dari Polres Cirebon Kota, TNI, dan BKO Polres Tetangga, Satpol PP dan Personel BKO Polda Jabar. (jay/crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*