Home » Cirebon » Kab Cirebon » Tahapan Pilkada 2018 Telah Resmi Diluncurkan
Tahapan Pilkada 2018 Telah Resmi Diluncurkan

Tahapan Pilkada 2018 Telah Resmi Diluncurkan

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon resmi meluncurkan tahapan Pilkada Kabupaten Cirebon dan Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang di salah satu hotel, Rabu (22/11/17).

Dalam waktu dekat KPU akan akan membuka pendaftaran bakal calon perseorangan atau independen untuk Pilkada bupati dan wakil bupati Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatannya, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli menjelaskan, kegiatan ini merupakan simbol dari dimulainya Pilkada 2018 di Kabupaten Cirebon. Tahapan yang paling dekat yakni pembukaan pendaftaran untuk calon perorangan atau independent pada tanggal 25-29 Desember 2017 mendatang.

“Di mulainya Pilkada di Kabupaten Cirebon dan yang paling dekat yakni penyerahan dukungan calon perorangan dengan jumlah dukungan 113 ribu lebih atau 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Cirebon,” katanya.

Dikatakan Pria yang akrab disapa Asep,Kabupaten Cirebon terdapat 1272 Panitia Pemungutan Suara (PPS), 200 Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) dan 3650 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Target KPU Kabupaten Cirebon pada Pilkada 2018 yaitu 77,5 persen partisipasi masyarakat.

“Target kami yang pasti dibanding pada Pilkada sebelumnya harus lebih tinggi, makanya kami meminta partisipasi masyarakat dalam suksesi Pilkada 2018 mendatang,” harapnya.

Ditempat yang sama, Komisioner KPUD Jawa Barat, Nina Yuningsih menambahkan, tingkat partisipasi pemilih di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menduduki posisi terendah setelah Kota Cirebon. Pada saat Pilbup tahun 2013 hanya 46 persen, meski pelaksanaannya dua putaran.

Menurut Nina ini tantangan terbesar bagi KPU Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan jumlah partisipasi dalam Pilkada. Target 77,5 persen partisipasi masyarakat diharapkan bisa tercapai asalkan seluruh masyarakat, pemerintah dan stakeholder lainnya saling membantu menginformasikan Pilkada 2018.

“Kalau mau tercapai harus menggandeng semua elemen masyarakat, pemerintah, OKP dan lainnya. Jadi informasi yang disampaikan bisa tepat sasaran dan mengena di hati masyarakat,” tandasnya.(gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top