Home » Cirebon » Syukur Panen, Mentan RI Puji Gubernur Jabar
Syukur Panen, Mentan RI Puji Gubernur Jabar

Syukur Panen, Mentan RI Puji Gubernur Jabar

INDRAMAYU – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), bersama Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, menghadiri acara Syukur Panen yang dihelat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), di Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Syukur Panen pada perayaan kali ini, melibatkan lebih dari 3000 petani. Kegiatan ini diselenggarakan HKTI berkaitan dengan tibanya musim panen raya di sebagian wilayah Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Indramayu.

“Dulu hamparan lahan baku terluas ada di Karawang, tapi sekarang tidak lagi. Saat ini Kabupaten Indramayu yang paling luas di Jawa Barat,” sebut Gubernur Ahmad Heryawan, di Indramayu, Kamis (23/11/2017). Untuk diketahui, Kabupaten Indramayu memiliki hamparan lahan baku seluas 114.000 ha. Sehingga kata Aher, Indramayu-lah kini harapan Jawa Barat terkait masalah tani dan pangan.

Bagi Gubernur Aher, kegiatan Syukur Panen kali ini menjadi sangat esensial. Apalagi, petani Jawa Barat khususnya di Indramayu, sebelumnya sempat terkena serangan hama dan juga kekeringan. Maka sebut Aher, acara syukur panen menjadi simbol, bentuk syukur, kesejahteraan petani Jawa Barat. “Meski banyak kendala di lapangan, namun tetap bisa panen dengan baik. Inilah (syukur panen) sebagai bentuk syukur atas keberhasilan petani Jawa Barat,” Katanya.

Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman, mengapresiasi terselenggaranya syukur panen di Indramayu. Amran pun memuji Gubernur Aher, yang mampu mendorong wilayahnya menjadi lumbung pangan nasional. Terlebih, ungkap Mentan, Provinsi Jawa Barat selalu menjadi motor Indonesia dalam hal produksi pertanian. “Contohnya, untuk yang pertama kali ekspor beras organik adalah Jawa Barat, sebagai pengekspor pertama ke Belgia,” kata Amran. Amran selanjutnya memberi arahan, supaya program di sektor pertanian dan pangan di Jawa Barat agar lebih dimantapkan lagi. “Pak Gubernur ini semangatnya luar biasa. Cerdas, hidup Pak Gubernur!” Seru Amran. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top