Home » Bandung » Gubernur dan Wagub Jabar Buka Jade di Cikarang Selatan 
Ahmad Heryawan akrab disapa Kang Aher pose bersama dengan peserta Jade 2017. (foto jar)

Gubernur dan Wagub Jabar Buka Jade di Cikarang Selatan 

BEKASI – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar membuka Jambore Desa (Jade) 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Jababeka II, Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (11/12) pagi.

Pembukaan Jade 2017 ini diawali dengan pawai defile para desa se Jawa Barat. Tercatat 5.312 kepala desa, 645 lurah dan 250 tenaga pendamping antusias mengikuti kegiatan ini. “Ini menjadi yang pertama sekaligus yang terbesar di Jawa Barat, Indonesia bahkan dunia,” kata Deddy Mizwar.

Dikatakan olehnya, Jade 2017 diselenggarakan dalam upaya pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa di Jawa Barat dalam hal pengelolaan keuangan desa. Sekaligus langkah mendorong pembangunan dari daerah.

“Ini menjadi spirit membangun dari pinggiran. Desa tak bisa dianggap lagi terbelakang, hingga primitif. Desa harus menjadi pengharapan kemajuan masyarakat kedepannya. Dan Jade ini adalah jembatannya. Desa harus bisa menjadi ujung tombak utama pembangunan,” ucapnya.

Perlu diketahui, Kabupaten Bekasi ditetapkan menjadi tuan rumah setelah salah satu desanya, yakni Desa Pasir Sari, masuk dalam lima besar desa terbaik se-Indonesia. Sejumlah kegiatan seperti paparan inovasi Kepala Desa dan Lurah berprestasi tingkat nasional, diskusi tentang pengelolaan keuangan desa, ‘Ngaliwet’ para Kepala Desa dan Lurah bersama Gubernur Jawa Barat, Pameran dan Bursa Inovasi Desa Se-Kabupaten Bekasi hingga Lomba Cepat Tepat Implementasi UU Desa digelar pada Jade yang akan berlangsung hingga Selasa (12/12) besok.(fjr/iar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.