Home » Cirebon » Peringati Maulid Nabi, MAN 4 Cirebon Sukses Gelar Sunatan Massal

Peringati Maulid Nabi, MAN 4 Cirebon Sukses Gelar Sunatan Massal

CIREBON – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Cirebon mengadakan kegiatan sosial Sunatan massal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Agenda akbar itu dihadari oleh Yayasan Persatuan Umat Islam (PUI) dan unsur muspika Kecamatan Pabuaran di lapangan MAN 4 Ciledug, Senin (11/12).

SANTUNAN – Kepala MAN 4 Cirebon memberikan santunan kepada anak-anak diikuti dengan agenda sunatan massal.

Ketua Panitia sekaligus Pembina Eskul Rohis MAN 4 Cirebon, Susiyawan S.Pd.I. kepada “JP” di sela-sela acara mengatakan, rangkaian kegiatan diisi dengan pembacaan marhaban oleh Eskul kerohanian Rohistrisala, pelaksanaan sunatan massal lengkap dengan hiburan Burok dan pemberian santunan. “Kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan MAN 4 Cirebon, karena tahun-tahun sebelumnya hanya diisi dengan lomba-lomba saja,” ujar Susiyawan.

Masih dikatakan Susiyawan, alasan utama digelarnya kegiatan tersebut yakni ingin memberikan tarbi’ah atau pendidikan kepada para peserta didik yakni siswa-siswi MAN 4 Cirebon, khususnya Eskul Kerohanian Rohistrisala, bahwa saat mereka lulus nanti, akan melaksanakan kegiatan serupa yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad di masyarakat atau tempat tinggalnya masing-masing. “Sehingga mereka harus disiapkan dari sekarang agar kelak saat terjun di masyarakat sudah terbiasa,” harapnya.

Ia menjelaskan, jumlah peserta yang awalnya ditarget hanya 20 peserta, pada pelaksanaannya menjadi 36 peserta yang berasal dari berbagai desa. “Para pesertanya antara lain dari Desa Cisaat, Cangkuang, Pabedilan Kaler, Ciledug, Gebang, Sasak Karangwangun dan Pabuaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 4 Cirebon Drs. H Imron Rosyadi M. Ag, menambahkan, pelaksanaan khitanan massal yang diawali dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW memang menyiratkan pesan khusus bagi siswanya. “Kami ingin menanamkan kepada anak-anak bahwa peringatan Maulid Nabi bukan hanya ceremonial semata, tetapi ada sumbangsih nyata kepada masyarakat dan lingkungan sekitar,” ulas orang nomor 1 di MAN 4 Cirebon ini.

Tentunya, Ia berharap hal yang sama juga bisa dilakukan oleh institusi pendidikan lainnya bahwa inovasi kegiatan Maulid bisa digandengkan dengan kegiatan sosial seperti khitanan massal dan agenda positif lainnya. Menurut dia, jumlah peserta yang melampaui target, membuktikan suksesnya pelaksanaan acara maulid sekaligus khitanan massal di sekolahnya.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan yang baru pertama kali kami adakan ini, terutama BBWS, Komite, juga pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” pungkasnya. (crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.