Home » Bandung » MTQ VI KBB, Dibuka Sekda Bandung Barat, Maman S. Sunjaya

MTQ VI KBB, Dibuka Sekda Bandung Barat, Maman S. Sunjaya

BANDUNG – Ketua Umum LPTQ Bandung Barat Maman S Sunjaya yang juga Sekda Bandung Barat membuka secara resmi Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VI tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2018. Kegiatan ini digelar di Alun-alun Cililin, Sabtu(20/1/2018) yang ditandai dengan penyerahan piala bergilir Bupati Bandung Barat.

Ketua Umum LPTQ Bandung Barat Maman S Sunjaya mengatakan, lomba MTQ tingkat Kabupaten Bandung Barat ini dilaksanakan selama dua hari 20-21 Januari 2018. MTQ kali ini melibatkan 321 santri dari 16 kafilah Kecamatan yang ada di Bandung Barat. Pada kesempatan yang sama, Maman juga mengukuhkan Dewan Hakim Penilai MTQ VI KBB 2018.

“Dua belas cabang yang akan di pertandingkan, kegiatan ini sekaligus mencari bibit baru generasi penerus qori dan qori’ah muda berlaga di tingkat provinsi dan nasional,”ungkap Maman.

Menurut Kang Maman, sebagai kabupaten dengan posisi kedua terbanyak memiliki pondok pesantren di Jawa Barat setelah Tasikmalaya, Bandung Barat menjadi tolak ukur daerah lain dalam kompetisi kecakapan bidang agama. “Sudah banyak Qori dan Qori’ah berprestasi di tingkat nasional dan internasional memulai karier dari lomba MTQ ini,” papar Maman.

Kata Maman, selain meraih prestasi, tujuan penting dari gelaran ini ialah membentuk karakter masyarakat yang agamis dan menjadikan Alquran sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Lomba MTQ juga menumbuhkan kecintaan generasi muda pada literasi dan baca tulis Al-Qur’an. “Salah satu bagian upaya pemerintah daerah membentuk masyarakat berakhlakul karimah dengan terus memupuk kecintaan pada Al-Qur’an dan Hadist, “tandasnya

Hal senada dikatakan Drs. H. Asep Ismail selaku Panitia dan Wakil Ketua LPTQ KBB. “MTQ bertujuan menumbuhkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran sekaligus mencari bibit qori dan qori’ah di tingkat provinsi. (des)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*