Home » Bekasi » Gara-Gara Tertahan Saat Unras, Bentrok Antar Ormas Meletup di Bekasi

Gara-Gara Tertahan Saat Unras, Bentrok Antar Ormas Meletup di Bekasi

BEKASI – Unjuk rasa (unras) antar Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berujung rusuh. Peristiwa bentrokan teraebut terjadi depan kantor Pemerintah Kota Bekasi, Kamis (25/01/2018). Akibatnya, sejumlah massa dari ormas dan LSM tersebut mengalami luka-luka.

Bentrokan yang terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi membuat pihak keamanan menutup sementara jalur yang mengarah ke gerbang Tol Barat. Empat ormas yang diduga terlibat adalah Forum Betawi Rempug (FBR), Pemuda Pancasila (PP), Gibas, dan GMBI.

Dalam bentrokan itu, massa Pemuda Pancasila dan Forum Betawi Rempug serta Gibas, meladeni kegarangan massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang berada di luar pintu kantor Pemkot Bekasi.

Meski dihadang ratusan personil Satpol PP dan Polres Metro Bekasi Kota, massa dari dua kubu masih melakukan saling lempar. “Kejadiannya sangat cepat. Mereka tawuran saat kami bekerja,” kata May, salah seorang pegawai Sekretariat Daerah di lingkungan Pemkot Bekasi.

May mengaku, lengannya sempet terkena lemparan batu dari massa yang berada di luar kantor. Hingga dia mengalami luka memar. “Lumayan nyeri tangan saya terkena batu saat saya sedang berjalan di lingkungan Pemkot,” katanya.

Sebelumnya, bentrok ini diawali aksi unjuk rasa Ormas GMBI yang keberatan dengan adanya upah pungut atau retribusi pajak yang diduga sarat korupsi. Massa yang hendak berunjuk rasa di dalam kawasan Kantor Pemkot Bekasi, tertahan di pintu masuk selatan oleh pengamanan Satpol PP. Akibatnya, bentrok antar keduanya tidak terelakan, sehingga menyulut emosi ormas lain. Personil kepolisian sudah diterjunkan ke lokasi untuk meredam dan mengamankan situasi.

Hingga berita ini diturunkan massa yang terluka baru diidentifikasi dari kubu GMBI atas mama Herdi. Ia mengalami luka bocor di bagian kepala. Sementara petugas berhasil memukul mundur kubu yang terlibat tawuran. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.