Home » Bekasi » Meminimalisir Kecelakaan, Ini Imbauan Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kepada Masyarakat

Meminimalisir Kecelakaan, Ini Imbauan Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kepada Masyarakat

BEKASI – Terkait terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) akhir-akhir ini, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Metro Bekasi, AKBP Heru Purnomo menjelaskan, kecelakaan yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu diakibatkan kurang disiplinnya pengendara pada saat berkendara di jalan raya.

“Yang pertama, resiko tinggi si pengendara saat berada di jalan raya dengan menyalahi aturan sudah sering terjadi. Misal, si pengendara lebih memilih memotong jalur dengan melawan arah dibanding harus memutar jauh. Karena, menurutnya dengan cara melawan arus lebih efektif dan cepat sampai di tujuan. Padahal, resiko kecelakaan sangat tinggi,” ujar AKBP Heru, saat ditemui di kantornya di Mapolrestro Bekasi, Kamis (25/01/2018).

Menurutnya, karena kecelakaan yang terjadi bukan hanya faktor ruas jalan, tapi juga karena faktor manusia.

Ia menambahkan, apabila masyarakat hendak keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor agar melengkapi dahulu surat dan atribut berkendaranya. “Pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Bila hendak menyeberang dari jalan kecil ke jalan raya lihatlah ke kiri dan ke kanan, jangan asal nyebrang. Kemudian, lengkapi tubuh dengan memakai jaket yang tidak mudah menggembung apabila kena angin, memakai sarung tangan, memakai sepatu, dan memakai helm standar SNI,” tuturnya.

Musibah tidak ada yang menghendaki, baik supir maupun pengendara. Lebih baik kita terlambat lima menit dari pada kita kehilangan nyawa. “Apabila sudah terjadi kecelakaan, yang kasihan bukan cuma korban (pengendara motor-red), tapi si sopir juga, karena harus dijadikan tersangka. Bagaimana nasib keluarga atau anak istrinya,” imbuh Kasat Lantas.

Ia juga mengimbau, perilaku tertib berkendara harus dimulai dari diri masing-masing. Hal ini sudah sering disosialisasikan Sat Lantas Polres Metro Bekasi kepada masyarakat, khususnya kepada pelajar-pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Bekasi. “Mulailah dengan mematuhi peraturan-peraturan dan rambu lalu lintas saat berkendara, utamakan safety ridding dimulai dari keluarga,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.