Home » Cirebon » Kapolres Cirebon: Jaga Netralitas & Lakukan Deteksi Dini Jelang Pilbup
Kapolres Cirebon: Jaga Netralitas & Lakukan Deteksi Dini Jelang Pilbup

Kapolres Cirebon: Jaga Netralitas & Lakukan Deteksi Dini Jelang Pilbup

CIREBON – Genderang Pemilukada di Cirebon sudah mulai hangat terasa. Ada empat calon yang sudah fix masuk bursa Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon, yakni pasangan Kalinga – Dian, Sunjaya – Imron, Rakhmat – Yayat, dan Lutfi – Qomar. Pasca penetapan paslon tersebut, Polres Cirebon tak tinggal diam, khususnya dalam upaya pengamanan tahapan-tahapan Pilbup.

Diawali dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan “Opserasi Mantap Praja Lodaya 2018”, yang berlangsung di halaman Mapolres Cirebon, awal tahun 2018. Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra mengatakan, pelaksanaan apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan Polres Cirebon dalam mengamankan Pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Risto berpesan kepada semua anggotanya untuk menjaga netralitas selama tahapan Pilbup berlangsung. “Saya minta (anggota) menyiapkan mental dan fisik. Tetap jaga netralitas dan sinegritas TNI Polri,” ungkapnya. Tak hanya itu, sebagai perwira tertinggi di Polres Cirebon, Risto juga menekankan kepada jajarannya agar melakukan deteksi dini, meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan demi suksesnya pelaksanaan Pemilukada 2018.

Ia memaparkan, untuk pengamanan Pilkada serentak ini, Polres Cirebon melibatkan 947 personel yang dibantu TNI, Polairud, Satpol PP dan Linmas serta Polsek-polsek di wilayah hukum Polres Cirebon.

DETEKSI DINI – Polsek Kapetakan tengah menyerap informasi di Desa Keraton sebagai upaya deteksi dini Jelang Pilbup Cirebon 2018.

Seruan Kapolres Cirebon ini langsung disambut serentak oleh polsek-polsek dengan melakakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait terkait deteksi dini ini. Seperti yang dilakukan Polsek Kapetakan baru-baru ini. Dimana Kanit Binmas Polsek Kapetakan Aiptu Saidi dan Bripka Carsadi menyambangi Kuwu Desa Keraton, Kec Kapetakan, Muali dan Sekretaris PPS Desa Keraton, Aris Munandar, berkaitan dengan agenda Pilkada Serentak 2018.

Dalam kunjungannya tersebut, Kuwu dihimbau untuk dapat bersinergi, melaporkan kepada petugas kepolisian dan bertukar informasi apabila mendapati atau mendengar informasi adanya gukamtibmas sehingga polri dapat dengan cepat untuk menindaklanjuti. Hal ini dilakukan guna menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif, rawan kriminalitas sekaligus antisipasi C3 (Curat, Curas dan Curanmor).

Sesuai himbauan kapolres, kegiatan itu juga sekaligus sebagai upaya Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dengan giat “sambang warga” yang dilakukan para anggota Bhabinkamtibmas di Polsek-polsek. Sehingga, berbagai informasi di tingkat grassroot dapat diserap sebelum menjadi potensi sosial. (crd/jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top