Home » Cirebon » Kab Cirebon » Gerindra, PKS dan PDI Perjuangan Lolos Verifikasi Faktual
Gerindra, PKS dan PDI Perjuangan Lolos Verifikasi Faktual

Gerindra, PKS dan PDI Perjuangan Lolos Verifikasi Faktual

CIREBON – Hari ini adalah hari terakhir verifikasi faktual partai politik yang ada di Kabupaten Cirebon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon.

Pantauan dilapangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Gerindra, dan Partai PDI Perjuangan semuanya memenuhi syarat.

Verifikasi faktual di hari terakhir, Kamis (1/2/2018) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, untuk Partai Gerindra dan PKS dan PDI Perjuangan hasilnya semua dinyatakan memenuhi syarat.

Komisioner KPU Kabupaten Cirebon, Husnul Khotimah menuturkan partai Gerindra dari mulai syarat keanggotaan, kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan, hingga kesekretariatan, semua partai dinyatakan semuanya lengkap.

“Keempat-empatnya, Partai Gerindra telah memenuhi syarat. Keanggotaan dan kepengurusan lengkap, keterwakilan perempuan 30 persen juga sama, serta kalau kantor milik DPC Gerindra juga memenuhi syarat karena ngontraknya sampai 2020,” kata Husnul Khotimah.

Verifikasi faktual dilaksanakan di masing-masing sekretariat ketiga partai. Struktur pengurus dan anggota DPC Partai Gerindra, DPD PKS dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon hadir. Setalah dilakukan verifikasi faktual selama kurang lebih dua jam lamanya, dari empat syarat yang telah ditentukan, ketiga partai ini dinyatakan memenuhi syarat.

Dilain tempat, Sopidi yang melalukan verifikasi PKS dan Partai PDI Perjuangan menyatakan hal yang sama. Menurutnya, untuk PKS dan PDI Perjuangan dari keseluruhan yang disyaratkan telah memenuhi. “PKS dan PDI Perjuangan tadi setelah kita verifikasi faktual sudah memenuhi syarat. Dari empat yang disayaratkan semuanya komplit,” kata Sopidi.

Ia melanjutkan, pihaknya belum bisa menyimpulkan partai mana saja yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan perlu ada perbaikan data. Namun katanya, untuk langkah selanjutnya setelah kegiatan verifikasi faktual ke semua partai, yakni merapatkan hasilnya di KPU Kabupaten Cirebon.

“Kemudian selanjutnya, kita akan menyerahkan hasiil secara resminya ke masing-masing partai yang sudah dinyatakan memenuhi syarat. Adapun bagi partai yang belum memenuhi syarat, ada waktu tiga haru untuk memperbaikinya,” kata Sopidi.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Cirebon,  H Subhan mengatakan. Dirinya menyatakan rasa syukur atas hasil verifikasi faktual yang menyatakan memenuhi syarat. Hal itu kata dia, tak lain berkait seluruh unsur struktur partainya yang tak kenal lelah agar membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

“Alhamdulillah kita telah memenuhi syarat. Bahkan dari keanggotaan pun yang hadir lebih dari yang disyaratkan. Ini semua berkat kerja keras semua pengurus DPC Partai Gerindra yang tak kenal lelah untuk mengentri data-data sebelumnya,” kata Subhan.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan, H Mustofa SH menyampaikan verifikasi faktual yang dilakukan KPU ini meliputi keberadaan ketua, sekretaris dan bendahara, kemudian keberadaan kantor, dan lainnya. “Untuk PDI Perjuangan walaupun partai besar, kita hanya mengentri 1000 lebih anggota saja yang masuk dalam sipol. Dan ini hanya untuk memenuhi syarat saja sesui ketentuan KPU,” kata Mustofa.

Mustofa menambahkan setelah di lakukan verifikasi faktual oleh KPU. Hasilnya memenuhi syarat karena dari semua item yang di verifakasi semuanya lengkap. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top