Home » Cirebon » Dishub Deklarasi ASN Netral, Iis: Disdik Semoga Menyusul!
Dishub Deklarasi ASN Netral, Iis: Disdik Semoga Menyusul!

Dishub Deklarasi ASN Netral, Iis: Disdik Semoga Menyusul!

CIREBON – Belum lama ini, Dinas Perhubungan Kab Cirebon yang dikomandoi Kadishub Abraham Mohamad, menggelar deklarasi “ASN Netral”. Kegiatan yang sempat viral ini, mendapat sambutan positif dari masyarakat, karena gagasan tersebut muncul pertama kali justru dari jajaran dinas di Kab Cirebon yang tidak terlalu besar potensi pemilihnya atau jumlah pegawainya.

Dinas-dinas lainnya seperti dinas pendidikan dan dinas kesehatan justru ‘kecolongan’ dengan langkah briliant Dishub ini. Mengingat kedua dinas tadi memiliki potensi pemilih/pegawai yang jauh lebih besar daripada Dishub. Belum lagi para pelajar di bangku SMA yang sudah bisa menentukan pilihan. Di sisi lain, Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra pun kembali maju menjajal hoki dalam hajat Pilbup 2018 dengan didampingi cawabup Imron. Artinya, seruan ASN di Pemkab Cirebon untuk netral ini wajib digaungkan secara menyeluruh di seua dinas.

Fenomena deklarasi dari Dishub ini mendapat tanggapan dari salah satu person yang sempat masuk bursa bakal calon bupati (Bacabup) Cirebon, Iis Krisnandar. Melalui status facebooknya, Ia menuliskan sindiran halus untuk Disdik. “Ajakan untuk tetap berpegang teguh dan tahu diri ASN ini harus netral dalam Pilkada, sebaiknya garda terdepan ajakan ini datang dari Dinas Pendidikan karena dinas ini mewadahi para pendidik dan anak didik yang harus mempunyai moral dan etis serta pengetahuan yang baik. Walau keduluan Dishub, semoga (disdik) menyusul. Dinas damkar juga pingin ikutan sosialisasi Netralitas dalam Pilkada,” tulisnya.

Tak hanya sampai disitu, Iis yang juga menjabat sebagai Kadis Pemadam Kebakaran Kab Cirebon menambahkan sindiran lainnya bagi pejabat yang tidak netral. “Kalau banyak men-like org ASN berarti masih banyak yg netral kalau ada pejabat yg hanya baca aja tidak bereaksi berarti sudah tidak netral #edisinetralitasPilkadadikabcirebon#. We Love Cherbon,” tulisnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon menyatakan netralitasnya sebagai wujud bahwa ASN tidak ikut terlibat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018 ini. Netralitas jajaran pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon itu dikemas dalam bingkai deklarasi usai melakukan kegiatan apel pagi di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Senin (5/2/2018) lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Abraham Mohamad, usai deklarasi netralitas yang dilakukannya pihaknya menuturkan, deklarasi netralitas ini sengaja digaungkan demi menjunjung tinggi profesionalisme serta menjaga marwah ASN dalam naungan korp PNS. Karena ASN tidak boleh terlibat dalam politik praktis. “Kami berani mendeklarasikan netralitas ini adalah semata-mata agar PNS atau ASN ini ya bekerja secara profesional sesuai dengan SOP, bukan ikut-ikutan dan berukutat dalam pilkada yang sebentar lagi di gelar,” kata Abraham.

Dikatakan Abraham, banyak PNS yang terlibat politik praktis yang kini berimbas kepada pelayanan terhadap masyarakat dan akhirnya menjadi rendah pencapaiannya. “Mending konsen kerja, daripada kami di cap ikut salah satu calon yang akhirnya timbul fitnah, makanya kami cari aman saja yakni netral,” ungkap Kadishub Abraham. (jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top