Home » Cirebon » Kab Cirebon » Kuwu dan Muspika Kedawung Kompak Bangun Rumah Nenek Juju
Kuwu dan Muspika Kedawung Kompak Bangun Rumah Nenek Juju

Kuwu dan Muspika Kedawung Kompak Bangun Rumah Nenek Juju

CIREBON – Kekompakan terlihat mulai dari Kuwu, Camat, dan TNI Polri membantu warganya Nenek Juju (104) yang tertimpa musibah di blok Pecilon Timur Rt 04 Rw 02 Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, Jum’at (9/2/2018).

Atap rumah milik Nenek Juju ambruk pada Minggu malam (4/2/2018) lalu. Hari ini unsur Muspika Kecamatan Kedawung langsung cepat dan sigap untuk merehab ulang atap rumah yang sudah tak terbentuk itu.

Kuwu Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung, Dedi Suparto mengatakan, hari ini adalah hari pertama perehaban rumah nenek Juju, perbaikan rumah milik nenek Juju ini dianggarkan dari dana desa tahun anggaran 2018. Namun aku Dedi karena saat ini dana desa belum bisa dicairkan maka untuk bisa mewujudkan dan membantu warga yang tertimpa musibah pihaknya melibatkan pihak ketiga terlebih dahulu.

“Ini hari pertama, rumah nenek Juju akan di rehab dan dianggarkan dari dana desa. Saat ini ditalagi dulu dari pihak ketiga, dan itupun atas dasar kesepakatan Muspika Kecamatan Kedawung,” kata Dedi.

Dikatakan Dedi, untuk perbaikan dan pembangunan baru rumah milik nenek Juju dianggarkan sebesar 13juta. Namun manakala masih terdapat kekurangan akan duusulkan kembali dengan cara di tambal sulam dari bansos. “Saat ini kita anggarkan dari dana desa sebesar 13 juta. Tapi kalau masih terdapat kekurangan maka akan kita usulkan ke Dinas Sosial,” ungkapnya.

Camat Kedawung, Hermawan mengungkapkan, di awal tahun ini Kecamatan Kedawung ada 4 rumah yang tertimpa musibah seperti nenek Juju ini yang diakibatkan dari cuaca yang ekstrim beberapa waktu lalu.

“Kecamatan Kedawung ada 4 titik, 2 diantanya Desa Kedawung blok Cantilan dan 1 rumah di perumahan Pulomas. Serta desa Sutawinangun blok Pecilon timur rt/rw 04/02 gang murni samping Musholla Baitul Solihin,” papar Wawan sapaan akrabnya Hermawan.

Dijelaslakan Wawan, mayoritas yang tertimpa musibah di wilayahnya ini adalah menimpa jompo dan yatim piatu. “Di blok Cantilan milik Pak Raso (86), dalam satu rumah terdapat 3 KK dan 9 jiwa, kemudian Nadila binti Khodijah (25) yatim piatu dalam satu rumah ada 3 orang, dan Perumahan Pulomas ibu Tini (65) 4 keluarga serta Nenek Juju (104) terdapat 2 keluarga,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Wawan, hari ini rumah nenek Juju yang sedang dilakukan perbaikan. Namun untuk ketiga rumah yang di blok Cantilan dan Perumahan Pulomas sudah dilakukan langkah-langkahnya. “Kita sudah usulkan dari tingkat desa ke Dinas Sosial dalam bentuk rutilahu. Kalau untuk bantuan beras sudah dilakukan dan saya dibantu dengan TNI Polri memberikan bantuan dalam bentuk material maupun tenaga dibantu masyatakat ditempat,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top