Home » Bekasi » Air Kali Ciherang Meluap, Rendam Pemukiman Warga Cabang Dua
Air Kali Ciherang Meluap, Rendam Pemukiman Warga Cabang Dua

Air Kali Ciherang Meluap, Rendam Pemukiman Warga Cabang Dua

BEKASI – Akibat curah hujan tinggi, air Kali Ciherang yang melintas di Kecamatan Cabangbungin meluap hingga merendam kawasan pemukiman warga. Air setinggi 40 cm menggenangi jalanan dan masuk ke dalam rumah warga. Kondisi demikian terjadi di RT.11, 12 dan RT.13 Dusun Dua Desa Lenggah Sari.

Sedikitnya 400 rumah warga menjadi korban. Mereka terpaksa menghentikan aktifitas bercocok tanam. Karena sawah mereka tergenang. Anak sekolah juga berhenti kegiatan belajar. Kondisi demikian sudah berlangsung sekitar lima hari. Perekonomian lumpuh total. Warga memilih diam di rumah. Kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Kita pasrah saja. Lebih banyak diam di rumah. Nunggu air kembali surut,” ujar Masnan (45). Diakuinya bantuan dari Pemkab Bekasi sudah ada, namun diprioritaskan bagi warga yang rumahnya terendam .

Terpisah, Kades Lenggah Sari, H. Nasim Susanto menjelaskan, luapan air terjadi karena tanggul Kali Ciherang yang dibagian selatan pemukiman warga jebol. Pihaknya berharap 2018 ini Pemkab Bekasi menganggarkan untuk perbaikan.

“Ditambah saluran pembuangan air kurang bagus, maka air jadi menggenang di empat RT itu,” ungkapnya. Untuk membantu mengatasi permasalahan itu, pihaknya akan membangun tanggul sementara di pinggir Kali Ciherang. (tle)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top