Home » Cirebon » Kab Cirebon » Ivan: Soal Banjir, Pemkab Cirebon Harus Tegas, Minta BBWSCC Revitalisasi Sungai
Ivan: Soal Banjir, Pemkab Cirebon Harus Tegas, Minta BBWSCC Revitalisasi Sungai

Ivan: Soal Banjir, Pemkab Cirebon Harus Tegas, Minta BBWSCC Revitalisasi Sungai

CIREBON – Musibah banjir yang mengepung hampir disemua titik wilayah Kabupaten Cirebon. Bahkan empat tahun ini titik yang paling terparah terjadi pada hampir sebagian besar Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon bagian timur.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Forum Aktivis Muda Cirebon Raya (Famcira), Ivan Maulana mengungkapkan hampir setiap tahun Kabupaten Cirebon mengalami musibah banjir di hampir seluruh wilayah. Dan pada kurun waktu empat tahun musibah banjir yang terparah adalah menerjang hampir seluruh Kecamatan yang berada diwilayah Kabupaten Cirebon bagian timur.

“Harus diselesaikan dengan cara tripartid antara Pemkab Cirebon, Pemkab Kuningan yang difasilitasi oleh Pemprov Jabar,” kata Ivan kepada jabarpublisher.com, Jum’at (23/02/2018).

Mengapa demikian, kata Ivan, karena persoalan ini juga tidak terlepas dari problem yang berlangsung diwilayah hulu yakni akibat dari galian C diwilayah Kuningan. “Gundul atau kikisnya tanah akibat galian C imbasnya, daya tampung air yang dari hulu begitu besar. Sedankan hilir yakni Kabupaten Cirebon posisinya datar. Maka pasti tenggelam. Kalau tidak segera ditindaklanjuti maka wilayah Kabupaten Cirebon akan tenggelam lambat laun bahkan nasib masyarakat Kabupaten Cirebon akan traumatis,” jelas Ivan.

Masih dikatakan Ivan, sedangkan untuk wilayah barat dan utara Kabupaten Cirebon perlu adanya pembangunan embung juga melakukan sodetan-sodetan sungai yang harus menjadi prioritas pembangunan oleh Pemkab, karena lonjakan populasi penduduk yang berlangsung secara signifikan, akibatnya lahan-lahan resapan semakin berkurang dampak dari makin masifnya pembangunan perumahan-perumahan.

“Saya kira pembangunan embung dan sodetan bukan hanya untuk wilayah utara dan barat saja, timur pun harus. Dan semua itu harus dilakukan dengan cara adanya ketegasan dalam hal kebijakan politik kepala daerah,” tegas Ivan.

Ditamhakan Ivan, Pemkab dalam hal ini juga harus tegas kepada pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisangggarung (BBWSCC) dalam merevitalisasi sungai-sungai yang melewati daerah Kabupaten Cirebon agar mereka melakukan dengan cara profesional.

“Segera Pemkab Kabupaten Cirebon bertindak agar BBWSCC bertindak, entah itu melakukan normalisasi sungai-sungai, dan juga melakukan senderan tanggul yang mengalami jebol,” tandas Ivan. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top