Home » Tasikmalaya » Banjir Bikin Warga Cihideung Repot
Banjir Bikin Warga Cihideung Repot

Banjir Bikin Warga Cihideung Repot

TASIK – Intensitas hujan deras memicu terjadinya banjir di kawasan Jalan Selakaso, Kelurahan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jumat (09/03/2018)Petang. Hujan deras yang turun beberapa jam sebabkan genangan air di gang-gang hingga masuk ke dalam rumah warga. Akibatnya belasanan rumah milik warga di Daerah tersebut di Genagi air.

Warga setempat Didi Haryadi (42) mengungkapkan, air mulai menggenangi halaman rumah-rumah warga sejak tadi petang saat turun hujan besar. Hingga malam ini, pekarangan beberapa rumah warga di Kawasan tersebut  masih digenangi air.

“Tadi sore, air bahkan sampai masuk ke beberapa rumah warga. Seperti rumah saya ini. Sempat di masuki air walaupun sebentar, tapi sekarang sudah surut. Mudah-mudahan saja tidak turun hujan lagi,” ungkapnya, Jumat (09/03/2018). Kendati genangan air yang masuk ke rumah warga hanya beberapa jam saja,  Didi menjelaskan bahwa kondisi tersebut mengkhawatirkan dan cukup merepotkan warga yang rumahnya terkena genangan air. “Repotnya itu ya tentu harus memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Apalagi jika ada anggota keluarga yang sakit tentu harus diutamakan.

Sementara itu, Viki Febrian(34) warga yang lain menerangkan, kawasan permukiman warga di sini  memang sangat rentan digenangi Air. Selain karena kawasan permukiman tersebut berada di dataran yang lebih rendah, drainase yang tidak kuat menampung air hujan juga mendapatkan kiriman air dari tempat yang lebih tinggi. Kondisi tersebut menurutnya tidak diimbangi dengan saluran air (drainase) yang memadai. Sehingga air dari beberapa kawasan dataran tinggi, tertahan hingga meluap ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 04 Baban Sobandi menuturkan di daerah ini yang terkena genagan air ada 4 RT yaitu Rt 3, 4, 5,dan 6 yang kebanjiran dulu sebelum proyek gorong-gorang tidak banjir seperti ini setelah di bangun proyek gorong-gorong itu hampir setiap turun hujan besar selalu digenaingi air hingga masuk ke gang serta pemukiman. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top