Home » Cirebon » Empat Rumah di Blok Kebagusan Sitiwinangun Longsor

Empat Rumah di Blok Kebagusan Sitiwinangun Longsor

CIREBON – Pada hari Jum’at dan Sabtu kemarin Kabupaten Cirebon diguyur hujan lebat yang mengakibatkan sungai Jamblang khususnya meluap. Bukan hanya meluap namun luapan air dari sungai tersebut menimpa pemukiman warga blok Kebagusan Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang menyisakan longsoran di berbagai titik.

“Banjir itu datang pada pukul 00.17 Jumat dinihari surut pukul 04.20 subuh. Warga khawatir, dan yang paling parah banjir menimpa blok Kebagusan ini pada hari Sabtunya,” kata Mulyadi (50) kepada wartawan, Rabu (14/03/2018).

Dikatakan Mulyadi, tanggul sungai Jamblang yang memiliki ketinggian hampir 4 meter dari sungai tersebut telah menggerus sedikitnya empat bangunan milik warga blok Kebagusan Rt 03/09. “Yang longsor itu milik bapak Cadija mengakibatkan retak pondasi pembatas antara rumah dan sungai, longsor juga menimpa bapak Samadi yang mengakibatkan pondasi kandang kambingnya 1/4 meter terkikis beruntung kambingnya sudah diungsikan ketempat yang lebih aman,” ujarnya.

“Punya Ibu Rakmini tanahnya longsor 1 meter tergerus air, dan yang paling parah bangunan milik bapak Nawa, longsor 2 meter lebih dan menyisakan pondasi WCnya saja,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua RT 03/09 Blok Kebagusan Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang, Suryadi (40) menambahkan banjir yang menimpa wilayahnya ini meski sering dan ini baru ada dalam sejarah ini yang terparah. “Biasanya ga sampai masuk rumah. Ini masuk kerumah warga dengan ketinggian 50cm. Diharapkan peran pemerintah cepat tanggap memecahkan permasalahan banjir diwilayahnya. Terutama kepada yang terkena dampak longsor,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.