Home » Cirebon » Rabu Besok, KPU Adakan Debat Terbuka
Rabu Besok, KPU Adakan Debat Terbuka

Rabu Besok, KPU Adakan Debat Terbuka

CIREBON – Tahapan jelang pemilihan bupati dan wakil bupati Cirebon 27 Juni yang akan datang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon bakal melangsungkan debat kandidat antar pasangan calon bupati maupun wakil bupati, Rabu (18/04/2018) di salah satu ballroom hotel di wilayah Kedawung Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli kepada wartawan menyampaikan debat kandidat antar pasangan calon bupati dan wakil bupati Cirebon bakal dilaksanakan Rabu lusa. Namun sebelumnya pukul 18.00 Wib pasangan calon sudah hadir di acara tersebut.

“Mulai live itu pukul 19.00 wib tapi sebelumnya para paslon itu kita gerakan shalat maghrib bersama di area parkir. Maka dari itu jam 18.00 wib paslon sudah stand by,” kata Saefudin Jazuli, Senin (16/04/2018).

Dikatakan Asep sapaan akrabnya Saefuddin Jazuli, waktu live debat kandidat dibatasi yakni 2 jam dari mulai pukul 19.00 hingga 21.00 wib. Dengan tema Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum serta Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif. “Tiap paslon boleh membawa pendukung maksimal 75 orang pendukung yang didalam ruangan,” jelas Asep.

Dijelaskan lebih lanjut, mekanisme debat kandidat pada sesi pertama para kandidat itu akan menyampaikan terlebih dahulu visi misinya, setelah itu ada pertanyaan dari moderator kemudian mereka menjawab tapi boleh ditanggapi oleh tiga yang lain terus bergiliran. “Selanjutnya pertanyaan ditentukan dan tiap pasangan boleh menanyakan kepada pasangan lain dan saling tik tok,” ungkapnya.

Masih dikatakan Asep, pihaknya dalam acara debat kandidat menyiapkan perumusnya lima orang panelis, diantaranya Profesor Adang, Profesor Cecep Sumarna, DR Sugianto, Dudung Mulyana dan KH Syarif Abu Bakar Babakan. “Dan untuk debat kandidat sesi kedua 18 Juni panelisnya beda lagi,” katanya.

Saat disinggung terkait dengan anggaran debat kandidat, Asep menjelaskan besar anggaran untuk debat kandidat sebesar Rp. 320juta dan melalui lelang. “Pemenangnya CV Megamendung. Dan dengan anggaran Rp. 320juta ini untuk dua acara debat kandidat,” pungkasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top