Home » Cirebon » Kang Hasan Blusukan ke Pengrajin Rotan dan Batik Trusmi
Kang Hasan Blusukan ke Pengrajin Rotan dan Batik Trusmi

Kang Hasan Blusukan ke Pengrajin Rotan dan Batik Trusmi

CIREBON – Calon gubernur Jawa Barat dari Partai PDI Perjuangan, TB Hasanuddin blusukan ke pusat kerajinan rotan yang berada di Desa Tegalwangi Kecamatan Weru, dan kawasan wisata Batik Trusmi, Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, Jum’at (20/04/2018).

Kang Hasan sapaan akrabnya TB Hasanudin blusukan ke pengrajin-pengrajin guna menggali aspirasi dan persoalan yang saat ini terjadi kepada para pengrajin rotan yang ada di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, permasalahan utama para pengrajin rotan saat ini adalah keterbatasan bahan baku. Sehingga mengakibatkan berkurangnya serapan tenaga kerja di industri rotan.

“Ternyata sekarang bahan rotan dari Kalimantan dan daerah Sumatera tidak terpasok dengan baik, karena ada penyelundupan yang dilakukan oleh oknum-oknum keluar negeri. Sehingga saya akan segera melaporkan hal ini ke pemerintah pusat agar negara harus adil untuk menyelematkan produk rakyat termasuk tenaga kerjanya,” katanya.

Dia menyampaikan, dulu produksi rotan bisa mencapai 3.000 container per harinya. Dengan produksi sebesar itu, mampu menyerap tenaga kerja hingga 180.000 orang. “Oleh karena itu, saya akan segera berkordinasi dengan Kementerian terkait, untuk mengatasi permasalahan para pengrajin rotan di Tegalwangi tidak menjadi gubernur dulu, ini sudah keterlaluan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kang Hasan menuturkan, pihaknya siap untuk mendorong dan mengembangkan marketing bagi pengrajin batik di Kabupaten Cirebon agar mampu dipasarkan hingga ke luar negeri.

“Untuk para pengrajin batik kalau yang sudah berkembang kita akan beri kesempatan lagi untuk lebih berkembang. Terutama dalam hal marketing, kita akan melakukan kerja sama dengan kementerian agar batik dipasarkan hingga ke luar negeri,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top