Home » Cirebon » Parah! Padahal Ditetapkan Sebagai Sentra Produktif Rotan, Tapi Kok Jalannya Rusak Aja

Parah! Padahal Ditetapkan Sebagai Sentra Produktif Rotan, Tapi Kok Jalannya Rusak Aja

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon menetapkan Desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sebagai sentra wilayah produktif sektor pengrajin rotan.

Belum lagi ikon kursi raksasa simbol kejayaan rotan Tegalwangi terpampang jelas di jalur pantura Kabupaten Cirebon. Namun dibalik promosi yang gencar untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara penunjang infrastruktur belum memadai.

Kuwu Desa Tegalwangi, Iskandar menuturkan dirinya bak dicambuk perlahan, karena pintu masuk sentra produktif pengrajin rotan adalah persis dibelakang kantor desanya. Yang ia rasakan adalah protes dari masyarakat terkait bobroknya infrastruktur yang rusak.

“Masyarakat tahunya ini kewenangan Desa, padahal ini kewenangan Kabupaten Cirebon. Di depan kantor Desa jalan bagus tapi ke sentra pengrajin rotan rusak parah,” kata Iskandar kepada wartawan, Jum’at (20/04/2018).

Akhirnya, melihat kondisi seperti ini masyarakat dengan sendirinya memiliki inisiatif untuk mengaspal dan meratakan jalan-jalan berlubang. “Masyarakat geram, akhirnya berinisiatif lewat swadaya masyarakat mengaspal dan meratakan jalan berlubang ini, kurang lebih 3minggu yang lalu, tapi sekarang sudah rusak lagi,” ungkap Iskandar.

Dikatakan Iskandar, jalan penghubung Desa Tegalwangi – Bode Sari yang mengalami kerusakan panjangnya 270 meter dengan lebar 5 meter. “Kurang lebihnya 80persen yang kewenangan jalannya masuk desa kita yang mengalami kerusakan. Tapi kita sudah mengusulkan tahun kemarin. Tapi gak tau kapan dikerjakannya, infonya akan dihotmix lagi,” jelasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.