Home » Bekasi » Lapas Cikarang Juara I Kategori Souvenir Teramah Lingkungan

Lapas Cikarang Juara I Kategori Souvenir Teramah Lingkungan

BEKASI – Lapas Kelas III Bekasi (Lapas Cikarang) meraih penghargaan juara stand terfavourite dan lomba kategori kreasi souvenir ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian (Kemenperin) di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Lomba ini diikuti oleh seluruh Lapas dan Rutan Divisi Pemasyarakatan yang ada di seluruh Indonesia,” ujar Kalapas Kelas III Bekasi, Kadek Anton Budiharta saat ditemui di kantornya, Jalan Cilampayan Pasir Tanjung, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (26/04/2018).

Dijelaskan Kadek, dalam perlombaan tersebut ada beberapa kategori seperti souvenir terunik, ramah lingkungan, produksi massal dan lain-lain.

“Kami hanya berhasil meraih juara I lomba kreasi souvenir teramah lingkungan. Pasalnya, souvenir tersebut terbuat dari bahan dasar limbah bengkel yang terdapat di dalam lapas,” tuturnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu kebanggaan dan hasil kerja keras pembinaan yang telah dilakukan oleh petugas Lapas Cikarang terhadap warga binaannya.

Di Lapas Cikarang tersebut telah banyak dilakukan pembinaan kepada warga binaannya untuk senantiasa dapat memiliki keahlian seperti mengolah bahan-bahan yang sudah tidak terpakai ataupun limbah. Mereka (warga binaan-red) harus mampu mengelola industri plastik, manufaktur, perkayuan, konveksi, tata boga, otomotif, perbengkelan, dan argo industri yang berada di Lapas Cikarang.

“Tentunya hal ini merupakan suatu bekal yang diperoleh warga binaan dan dapat diterapkan ketika usai masa tahanan atau kembali ke masyarakat,” ucap Kadek.

Ia berharap, industri yang ada di lapas ke depanya dapat berkembang lebih besar dan banyak investor yang dapat bergabung. “Alhamdulillah, dengan juara ini, kita akan melakukan kerjasama dengan Acorr Hotel dalam hal souvenir,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.