Home » Cirebon » Mantap! Desa Gembongan Benahi Jalan, SPAL, Hingga PJU
Mantap! Desa Gembongan Benahi Jalan, SPAL, Hingga PJU

Mantap! Desa Gembongan Benahi Jalan, SPAL, Hingga PJU

CIREBON – Pemerintah Desa Gembongan, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, menggunakan Dana Desa (DD) Tahap 1 tahun 2018 untuk pembangunan infrastruktur sebesar 80 persen dan untuk pemberdayaan masyarakat sebesar 20 persen. Anggaran tersebut sumber dananya berasal dari pemerintah pusat.

Kuwu Gembongan Carlim, kepada “JP”, Senin (21/5/2018) merinci sejumlah kegiatan juga pembangunan yang tercover dalam DD tahap 1 ini. “Dana Desa Tahap 1 yang sudah cair 20 persen. Di bidang fisik saya alokasikan untuk hotmix jalan di Dusun 1 dan Dusun 3, pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL), Penerangan Jalan Umum (PJU) serta pengerasan jalan usaha tani,” kata kuwu Gembongan.

Sedangkan pada bidang pemberdayaan masyarakat, lanjutnya, Ia gunakan untuk pemberian bantuan insentif kepada guru ngaji, guru PAUD, dan para kader posyandu. “Mereka sangat membutuhkan bantuan itu, terlebih pada bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran ini,” tambahnya.

Masih dikatakan Kuwu Gembongan, rencananya, bila Dana Desa tahap 2 dan 3 cair, Ia akan alokasikan untuk Pembangunan dan Pemeberdayaan Masyarakat yang belum tersentuh.

 

“Ada beberapa PR yang harus kami selesaikan, baik pembangunan-pembangunan fisik maupun non fisik. Insya Allah ke depan kami maksimalkan lagi pembangunan di bidang infrastruktur juga pemberdayaan masyarakat, tentunya dengan menyerap aspirasi dari berbagai pihak termasuk masyarakat Gembongan sendiri,” pungkas Kuwu Carlim. (crd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top