Home » Cirebon » Cakiya Mantapkan Infrastruktur Desa Sumber Kidul & Berdayakan Masyarakat

Cakiya Mantapkan Infrastruktur Desa Sumber Kidul & Berdayakan Masyarakat

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Kidul, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, menggunakan Dana Desa (DD) Tahap 1 tahun 2018 untuk pembangunan infrastruktur sebesar 80 persen dan alokasi untuk pemberdayaan masyarakat sebesar 20 persen. Untuk diketahui, anggaran program tersebut bersumber dari pemerintah pusat yang digulirkan secara bertahap.

Kuwu Sumber Kidul, Cakiya, Senin (4/6/2018) merinci sejumlah kegiatan juga pembangunan yang tercover dalam DD tahap 1 ini. “Dana Desa Tahap 1 yang sudah cair baru 20 persen. Di bidang fisik/infrastruktur saya alokasikan untuk pengaspalan di Dusun 4 dan Dusun 5 desa kami,” ungkap Cakiya.

Orang nomor 1 di Desa Sumber Kidul ini juga menjelaskan sektor pemberdayaan masyarakat sebesar 20% dari alokasi anggaran DD 2018 tahap 1 ini. “Ada beberapa kegiatan dalam program pemberdayaan masyarakat ini, diantaranya untuk operasional posyandu, honor muadzin dan muroqi masjid, pembagian sembako untuk fakir miskin serta jompo, tak lupa kami juga memberikan honor bagi guru madrasah dan guru TK,” terangnya.

Masih dikatakan Kuwu Sumber Kidul, rencananya, bila Dana Desa tahap 2 dan 3 cair, Ia akan alokasikan untuk Pembangunan dan Pemeberdayaan Masyarakat yang belum tersentuh.

Insya Allah, ke depan kami maksimalkan pembangunan baik di bidang fisik maupun nonfisik yang sifatnya untuk pemberdayaan masyarakat. Kami juga membuka aspirasi dari masyarakat dan pihak terkait dalam hal sinkronisasi program. Sehingga diharapkan penggunaannya lebih terarah dan tepat sasaran,” pungkas Cakiya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.