Home » Cirebon » Diterima Jadi TNI, Rizal Asyrussani Siap Berbhakti Untuk Negeri

Diterima Jadi TNI, Rizal Asyrussani Siap Berbhakti Untuk Negeri

CIREBON – Kesadaran mengabdikan diri pada negeri tidak dimiliki oleh semua orang, apalagi di zaman milenia seperti sekarang. Namun anggapan tersebut rupanya tidak berlaku bagi Rizal Asyrussani, putra pertama pasangan bapak Sunarto dan ibu Ike Maryati.

BERDOA – Rizal Asyrussani (baju koko putih) bersama kerabat, tampak khusyu memanjatkan doa dalam acara tasyakuran tadi siang.

Di usianya yang masih belia, Rizal sudah bertekad kuat untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Remaja lulusan SMA 1 Palimanan ini mendapat informasi penerimaan anggota TNI dari kerabatnya. Rizal juga diberitahu cara mendaftarkan diri ikut seleksi penerimaan anggota TNI.

Ia akhirnya melakukan persiapan secara khusus untuk mengikuti tes seleksi masuk TNI dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan studi yang tengah ditempuh di IAIN Cirebon pun Ia tanggalkan dan memilih terbang ke Bali. Setelah mengikuti proses seleksi yang berlangsung selama dua minggu di Kodam IX Udayana, Rizal dinyatakan lulus menjadi anggota TNI.

Lebaran 2018, Rizal pun pulang dengan membawa kebahagiaan karena tinggal menunggu surat penempatan tugas. Terang saja, kabar ini disambut suka cita keluarga besarnya. Alhasil, keluarga pun menggelar acara syukuran di kediaman Rizal di Desa Klangenan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (16/6/2018).

“Ada beberapa tahapan seleksi. Tesnya berupa fisik juga teori dengan komposisi yang berimbang mas. Alhamdulillah, semuanya bisa dilewati dengan baik dan akhirnya saya diterima pada bulan Februari lalu,” terang Rizal.

Sementara itu, suasana tasyakuran di kediaman orang tua Rizal Asyrussani berlangsung hidmat. Keluarga besar dari Ibu Hj. Aliyah (Uyut) dan Bapak Miun (Kakek) juga rekan-rekan Rizal berkumpul, bercengkrama sambil berlebaran.

Dalam tausiyah singkatnya, Ustad HM Ru’yatulloh SPdi berpesan agar Rizal bisa menjadi TNI yang beriman. “Jadilah anggota TNI yang beriman, seperti Mas Am dan Mas Aji. Kuatkan iman dimanapun bertugas,” pesan ustad yang juga Kepsek PAUD Almira Najla ini.

Usai berdoa bersama, acara dilanjutkan dengan menikmati hidangan yang disediakan. Acara semakin meriah karena diisi pula dengan saweran dari beberapa kerabat Rizal. Ini semacam tradisi keluarga sebelum kembali berpencar melanjutkan aktifitas masing-masing. “Alhamdulillah, terimakasih atas support semua keluarga besar. Doakan selalu anak kami Rizal, karena tanggal 21 Juni nanti akan kembali bertugas,” ucap Ike sang ibunda. (jay/jp)

SAWERAN – Acara syukuran semakin meriah dengan diisi saweran dan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.