Home » Cirebon » Oki Bamunas Raih MP BPJS Award

Oki Bamunas Raih MP BPJS Award

CIREBON – Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (MP BPJS) menganugerahi MP BPJS Award kepada Bamunas Setiawan Budiman yang akrab dipanggil Oki, dengan predikat Pengusaha Peduli Jaminan Sosial dan Pembina Pekerja Informal Kota Cirebon, Sabtu (23/6/2018).

MP BPJS Award disampaikan dalam acara Halal Bil Halal dan Distribusi Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 2000 pekerja informal se Wilayah Cirebon, Provinsi Jawa Barat, di Hotel Santika Kota Cirebon. Pekerja informal itu terdiri dari berbagai macam profesi diantaranya pedagang, tukang ojek, supir angkot, guru ngaji, marbot, petani/nelayan dan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Hery Susanto Koordinator Nasional MP BPJS (KORNAS MP BPJS), Fitrah Malik (KORCAB MP BPJS Cirebon), Bamunas Setiawan Budiman (peraih MP BPJS Award), Amal Subkhan (Ketua Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa/FSPS Cirebon), Acep Sobarudin (Ketua Serikat Pekerja Nasional/SPN Cirebon), Asep Feddy Hartono (Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia/FSPMI Cirebon), dan para pekerja informal Kota Cirebon.

Hery Susanto (KORNAS MP BPJS) mengatakan MP BPJS sebagai organisasi masyarakat yang konsern dalam program perlindungan dan jaminan sosial telah memberikan penghargaan kepada berbagai elemen masyarakat yang turut aktif dalam perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. MP BPJS Award yang telah disampaikan yakni dengan kriteria Mahasiswa Peduli Jaminan Sosial, Desa Peduli Jaminan Sosial, Kader Penggerak Jaminan Sosial dan terkini yakni Pengusaha Peduli Jaminan Sosial.

“Kami memberikan apresiasi atas MP BPJS Award kepada para pihak lintas profesi itu agar program perlindungan dan jaminan sosial bagi para pekerja baik pekerja formal dan informal dapat dirasakan semua pekerja,” kata Hery Susanto.

Hery Susanto menambahkan bahwa perlindungan dan jaminan sosial pekerja merupakan amanah UUD 1945, UU No 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

“Bamunas Setiawan Budiman turut meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Cirebon, seluruh pekerja di perusahaan nya yang berjumlah ribuan di PT Grage Group telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan,” kata Hery Susanto.

Bamunas yang meraih penghargaan tersebut sama sekali tidak mengira jika langkahnya dengan mengcover kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan bagi para pekerja di perusahaan nya itu mendapat apresiasi dari elemen masyarakat yakni MP BPJS.

“Kami hanya menjalankan amanah konstitusi bahwa sebagai pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerjanya untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan sosial melalui BPJS,” kata Bamunas.

Fitrah Malik Koordinator Cabang MP BPJS Cirebon mengatakan dari total potensi pekerja sejumlah 127.286 orang, pekerja di Kota Cirebon yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baru mencapai 29% pekerja formal dan 4% pekerja informal. Ini masih jauh dari prosentase peserta BPJS Ketenagakerjaan nasional yakni 40% pekerja formal dan 6% pekerja informal.

“Kota Cirebon belum mempunyai regulasi daerah berupa Perwali maupun Perda terkait Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, karena itu kami berharap ke depan Pemkot dan DPRD Kota Cirebon harus menuntaskan hadirnya regulasi daerah tersebut,” tegas Fitrah Malik.

Fitrah Malik menegaskan bahwa Pilkada 2018 diharapkan mampu melahirkan sosok pemimpin daerah yang mempunyai kepedulian dan komitmen dalam perluasan perlindungan dan jaminan sosial agar pekerja mendapatkan manfaat program BPJS. (rls/gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.