Home » Bandung » Gentleman! “Asyik” Beri Selamat Pada “Rindu” Sang Pemenang Pilgub Jabar

Gentleman! “Asyik” Beri Selamat Pada “Rindu” Sang Pemenang Pilgub Jabar

BANDUNG – Meskipun sempat menyangkal hasil perhitungan sementara suara Pilgub Jabar 2018, pasangan calon Asyik akhirnya menerima kemenangan Rindu. Calon gubernur Jawa Barat dan pasangannya Sudrajat dan Ahmad Syaikhu pun memberi selamat pada calon gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil, Senin 9 Juli 2018.

“Untuk saudara Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, saya dan Ahmad Syaikhu menyampaikan selamat terpilihnya saudara menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Sudrajat. Ia menggelar jumpa pers di Bandung, Senin (9/7/2018).

Dia mengaku bangga karena dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018, pasangan Asyik berhasil menempati posisi kedua raihan suara terbanyak.

“Alhamdulillah, kemarin 8 Juli 2018, sudah dilaksanakan rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi oleh KPU Jabar dalam rangka pilkada. Alhamdulilah kita mencapai urutan nomor dua. Kita terima keadaan ini sebagai hasil prestasi dengan tawadu dan ketakwaan,” kata Sudrajat, dikutip dari Antara.

Walaupun menempati posisi kedua, Sudrajat tetap bangga atas hasil yang diraih. Hasil itu dianggap sebagai suatu prestasi yang membanggakan.

“Kami bangga mencapai prestasi nomor dua, lebih dari enam juta pemilih. Ini adalah suatu hal yang betul-betul prestasi untuk kita untuk bisa mengukur standar Jawa Barat. Mereka mengenal Pasangan Asyik, program Asyik. Insyaallah konstituen bisa bersama terus,” katanya.

Sebelumnya, KPU Jawa Barat secara resmi menetapkan pasangan Rindu memperoleh suara terbanyak dalam Pilgub Jabar 2018. Rindu meraih 7.226.254 suara, atau 32,88 persen. Dengan raihan suara tersebut, diperkirakan tidak akan ada gugatan atas hasil pleno rekapitulasi.

“Kalau lihat selisih antara pemenang pertama dengan pemenang kedua kan sekitar 4,1 persen. Menurut Undang-Undang memang sudah tidak ada lagi celah untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi,” ujar Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat, 8 Juli 2018.

Selain raihan pasangan Rindu, rapat pleno juga menetapkan perolehan suara untuk pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) sebesar 2.773.078 suara (12,62 persen), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) sebesar 6.317.465 suara (28,74 persen) serta pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 5.663.198 suara (25,77 persen). Jumlah surat suara sah sebesar 21.979.995 dan surat suara tidak sah sebesar 744.338. Hasil rapat pleno tersebut ditandatangani oleh saksi dari keempat pasangan kandidat.

Rapat pleno yang dimaksud merupakan puncak tahapan penghitungan suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Sebelumnya, penghitungan sudah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat TPS hingga KPU tingkat kabupaten/kota.

Untuk diketahui, pada rekapitulasi di KPU Provinsi, penghitungan dilakukan untuk mengumpulkan data dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Data dari tiap kabupaten dicatat secara terbuka, mulai dari perolehan keempat pasang kandidat, jumlah surat suara sah, hingga jumlah surat suara yang tidak sah. Seluruh tahapan dilakukan secara terbuka dengan disaksikan seluruh peserta.

Yayat menuturkan, selisih antara perolehan suara terbanyak dengan pasangan berikutnya jauh di atas angka 0,5 persen. Dengan demikian, kecil kemungkinan adanya gugatan yang mengubah hasil pleno. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.