Home » Karawang » Gebang Karawang » Harganas, Iwa Ungkap Peran Motekar Bagi Keluarga di Jabar

Harganas, Iwa Ungkap Peran Motekar Bagi Keluarga di Jabar

KARAWANG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan permasalahan keluarga saat ini ada pada pola komunikasi dan interaksi yang kurang antara suami istri serta orangtua dan anak. Inilah yang menjadi dasar pentingnya peran  Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) dalam membina keluarga-keluarga di Jawa Barat.

 

“Masalah interaksi dalam keluarga ini tidak ada sekolahannya. Oleh karena itu, Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) mempunyai program Motekar yang bertujuan mendampingi keluarga-keluarga di Jawa Barat dengan dukungan pada tiga hal, yaitu mengurangi kekerasan dalam keluarga, masalah ekonomi dan masalah legalitas,” ungkapnya usai membuka Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV dan Hari Anak Nasional Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan Galuh Mas Kabupaten Karawang, Selasa (17/06/18).

 

Bimbingan pada masyarakat, menurut Iwa, menjadi prioritas utama. “Dari semula 200 desa sekarang menjadi 312 desa, difokuskan di daerah yang mempunyai kasus kekerasan paling banyak di Jawa Barat agar lebih efektif dengan dana yang terbatas seperti di daerah Pantura,” katanya.

 

“Alhamdulillah dari beberapa kasus kekerasan keluarga itu menurun hampir 50 persen. Lalu keberpihakan kepada gender juga meningkat, berdasarkan data dan fakta 2015 – 2016 – 2017,” lanjut Iwa.

 

Oleh Menpan RB pun, tutur Iwa, Motekar menjadi salah satu inovasi yang masuk pada TOP 99. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 merupakan salah satu program Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Bahkan di Jawa Barat menjadi Peraturan Daerah.

 

“Ini program yang tidak memerlukan biaya banyak, tetapi konkrit untuk menurunkan berbagai permasalahan keluarga,” kata Iwa.

 

Sehingga Iwa berharap jika program ini terus kita dorong di masyarakat. Maka Jawa Barat mempunyai kontribusi 20 – 25 persen secara bertahap dalam membentuk keluarga maju, sejahtera dan harmonis di Indonesia.

Sinergi Harganas dan Hari Anak Nasional

Rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Lomba Paduan Suara Kader Pos KB antar kabupaten/ kota se-Jawa Barat, kemudian ada Roadshow Mobil Unit Penerangan KB se-Jawa Barat, Lomba Cerdas Cermat Kader Kampung KB tingkat provinsi, hingga puncaknya, upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXV di Karawang.

Di acara puncak, digelar pula Kampung KB Expo, yang merupakan pameran Kampung KB unggulan dan Gelar dagang Produk UPPKS se-Jawa Barat.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, S. Teguh Santoso mengatakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga adalah program yang sangat strategis dalam pembangunan di Jawa Barat.

Menurutnya program KB tidak hanya bergerak dalam aspek kuantitas, yaitu pengendalian penduduk, namun juga dalam aspek kualitas penduduk, program KB berperan penting dalam peningkatan kualitas manusia Jawa Barat berbasiskan keluarga. Terlebih Jawa Barat, dengan jumlah penduduk 48 juta jiwa, merupakan penentu dari program pembangunan nasional.

“Untuk itu masyarakat Jawa Barat perlu mengetahui dan memahami pentingnya program Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga,” katanya.

Teguh mengatakan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran keluarga sebagai pilar bangsa. Upaya memperkokoh ketahanan keluarga dan pemenuhan hak anak, menjadi penting untuk mewujudkan keluarga-keluarga Jawa Barat yang maju dan sejahtera.

Teguh menyampaikan pada Peringatan Harganas ke-XXV tahun 2018 di Menado, Provinsi Jawa Barat juga telah mendapat perhargaan di tingkat Nasional, yaitu:

1. Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI atas nama: Bp Sonjaya (Bupati Cirebon), Bp Rudi (Bupati Garut), dan Ibu Ade Uu (Walikota Banjar);

2. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN atas nama: Ketua TP PKK Kab Kuningan, Ketua TP PKK Kota Depok, dan Ketua TP PKK Kota Bogor.

3. Juara I PAKARTI UTAMA pengelola terbaik tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KB-Kes kategori Kota 2018, atas nama Kota Banjar.

4. Juara I Tingkat Nasional pengelola UPPKS, yaitu Kab. Bekasi

Adapun tema yang diangkat pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV  yaitu “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Dengan sub tema “Perkokoh Ketahanan Keluarga dan Pemenuhan Hak Anak”. Sedangkan Peringatan Hari Anak, mengusung tema GENIUS (Gesit Empati beraNI Unggul Sehat).

 

Tujuannya menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian dan kesadaran serta peran aktif tokoh masyarakat dan keluarga dalam menciptakan lingkungan keluarga yang berkualitas dan mampu memenuhi hak dan melindungi anak dalam keluarga. Dengan diikuti oleh 7.000 peserta terdiri dari TPD, TP PKK, PLKB, Pos KB, Kader Kelompok Kegiatan, Forum Anak dan tokoh masyarakat se Jawa Barat.

 

Penerima Penghargaan pada Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV dan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

 

1. Bidang ADPIN

Juara I

A. Lomba PLKB/PKB : Hetty Hendrayati, Kota Bandung

B. Lomba POS KB : Tini Ruhyati, Kota Cimahi

C. Lomba TPD : Restia Priska, Kabupaten Karawang

D. Lomba Pasangan KB Lestari Kategori 15 Tahun : Sutaryanto dan Yasmiati, Kabupaten Bandung

 

2. Bidanv KB – KR

Juara I

A. Tingkat Provinsi Jawa Barat : PT. Dean Shoes, Kabupaten Karawang

B. Lomba Praktik Mandiri Bidang : Yeanne Subiyah, Kota Depok

C. Motivator KB Pria : Sarka, Kabupaten Majalengka

D. Kelompok Kerja KB Pria : Saluyu II, Kabupaten Bandung Barat

E. Pengelola KB Pria : Rika Setiawati, Kota Banjar

F. Penilaian Lomba Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi : RS. Hermina Mekarsari, Kabupaten Bogor

 

3. Bidang KS – PK

Pemenang Lomba Pembangunan Keluatga Tahun 2018

Juara I

A. Bina Keluarga Balita : Kelompok Bunga Tanjung 2, Kota Depok

B. Bina Ketahanan Remaja : Kelompk BKR Melati, Kabupaten Ciamis

C. PIK-R Jalur Pendidikan : Kelompok PIK-R SMA Mutiara Terpadu Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

D. PIK-R Jalur Masyarakat : Kelompok Tamang Oke, Kabupaten Ciamis

E. Bina Ketahanan Lansia : Kelompok Wijaya Kusuma, Kabupaten Bogor

F. Duta Orang Tua Hebat : Keluarga Bpk. Uhan Suhana dan Ida Erina, Kabupaten Kuningan

G. UPPKS : Kelompok Samara, Kabupaten Bekasi

H. PPKS : Kelompok Respati, Kabupaten Purwakarta

 

4. Bidang Dalduk (Pengendalian Penduduk)

Juara I

A. Kategori Lomba Pidato : Bagas Wirya SMAN I Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

B. Kategori Lomba Karya Tulis : Erin Alvianita, UIN Sunan Gunung Jati Kota Bandung

 

5. Penilaian Forum Anak Kabupaten/Kota Terbaik

Juara I : Forum Anak Belimbing (FORABING), Kota Depok

Juara II : Forum Anak Singaperbangsa (FAS), Kabupaten Karawang

 

6. Penerima KTP bagi Remaja Usia 18 Tahun

A. Aida Fadillah Noor

B. Dhea Luckita S

C. Laode Jefri Januari

 

7. Lomba Paduan Suara : Kabupaten Ciamis

8. Lomba Pasanggiri Karancagen : Kabupaten Sukabumi

9. Duta Genre Putra Putri Jalur Masyrakat : Yauri Dwi A (Kabupaten Bandung Barat) & Lemana Dewanti (Kabupaten Bandung Barat)

10. Duta Genre Putra Putri Jalur Pendidikan : Yunus Sopriansyah (Kabupaten Karawang) & Diah Permatasari (Kabupaten Bandung Barat)

11. Lomba Stand UPP-KS : Kabupaten Purwakarta (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.