Home » Bekasi » Dugaan Pungli PTSL di Segara Makmur Terancam Pidana

Dugaan Pungli PTSL di Segara Makmur Terancam Pidana

Bekasi – Dugaan pungutan hingga jutaan rupiah kepada setiap pemohon Program Tanah Sistematik Lengkap (PTSL), Ketua Panitia Desa Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi terancam sanksi hingga pidana.

Program Pemerintah Pusat yang telah disepakati Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang PTSL No : 25/SKB/V/2017, Nomor : 590/3167A Tahun 2017 dan Nomor : 34 Tahun 2017 jelas dituangkan bahwa beban yang harus ditanggung oleh pemohon hanya sebesar Rp.150.000 per bidangnya.

NamunPanitia serta Kepala Desa Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya, diduga kuat telah melanggar SKB Tiga Menteri tentang PTSL dengan melakukan Pungutan Liar (Pungli) hingga jutaan Rupiah.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Sengketa Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi, Dindin menyesalkan sikap panitia yang melakukan pungli terhadap tersebut, demi meraup keuntungan pribadi, dirinya mengorbankan masyarakat Desa tanpa menghiraukan aturan yang ada.

Pasalnya, berdasarkan SKB 3 Menteri jelas sudah jelas diatur, bahwa biaya yang ditanggung masyarakat hanyalah sebesar 150 ribu saja. Untuk pembelian materai 6000 serta biaya patok.
“Itu sudah jelas menyalahi aturan bang, jika ada pihak atau oknum desa memungut lebih dari apa yang telah di atur, jelas itu sudah melanggar, segera laporkan ke pihak penegak hukum. Laporkan juga ke Kementerian Agraria atau BPN RI,” tutur Dindin.
Pihaknya sudah mengintruksikan ke seluruh panitia serta kepala desa, bahwa pungutan atau beban yang ditanggung oleh pemohon tidak boleh lebih dari apa yang sudah di atur dalam SKB 3 Menteri.
“Jika hal itu terjadi dan dilakukan, maka oknum yang melajukan hal itu harus menanggung resikonya,ada sanksi yang bahkan pidana yang bisa diterimanya,” ujarnya.
Dirinya meminta, jika Desa Segara Makmur benar melakukan hal itu, memungut lebih dari Rp.150.000 ke setiap pemohon maka segera laporkan oknum tersebut, serta buatkan tembusan ke Bupati Bekasi, Kapolres dan BPN Kabupaten Bekasi.tutupnya (Fal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.