Home » Cirebon » Pembuatan Akta Lahir Kini Bisa Online, Begini Caranya

Pembuatan Akta Lahir Kini Bisa Online, Begini Caranya

CIREBON – Demi memudahkan pelayanan terhadap masyarakatnya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon untuk pembuatan akte lahir bisa dilakukan dengan cara online.

Pengaplikasian pembuatan akta lahir secara online tersebut, kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon, Abdullatif sudah dioperasikan sejak tahun 2017 lalu. Padahal pemerintah pusat baru melauncing program tersebut beberapa waktu lalu.

“Meski masih banyak kekurangan. Tapi respon masyarakat dengan aplikasi online ini sangat banyak,” kata Abdullatif, Jum’at (19/10/2018).

Dikatakan Latif, akhir bulan ini pihaknya akan melaunching kerjasama dengan Dinkes. Artinya, kedepan untuk mengurus pembuatan akte bisa langsung online dari puskesmas-puskesmas. Karena data kependudukan akan terhubung.

“Sebetulnya sejak pertama diterapkan pada 2017 silam. Kami sudah melakukan sosialisasi dengan banner yang dipasang di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit. Namun memang masih banyak yang belum tau,” jelasnya.

Meski diakui masih banyak kelemahan, tapi Disdukcapil mengklaim program ini cukup efektif. Mengingat setiap harinya ada sebanyak 250-300 orang yang mengurus akte lahir via online. “Artinya kesadaran masyarakat mulai meningkat. Karena jumlah pemohon cukup banyak,” sambungnya.

Untuk caranya sendiri yakni semua persyaratan di upload pada situs resmi Disdukcapil (http://aktaonline.cirebonkab.go.id). Tiga hari kemudian pemohon bisa langsung mengambil akte di kantor Disdukcapil dengan menyerahkan berkas persyaratan.

“Jadi tetap berkasnya saat mau mengambil dibawa. Dengan sistem ini masyarakat bisa memproses dari puskesmas dan RS. Hanya dengan memfoto berkas dan dikirim, nanti ada tim verifikasi yang mengurusnya,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.