Home » Cirebon » Akreditasi Yang Mencerahkan! Ini Pesan Kemenkes RI Di Puskesmas Cibogo

Akreditasi Yang Mencerahkan! Ini Pesan Kemenkes RI Di Puskesmas Cibogo

CIREBON – Haru biru bercampur bangga, mewarnai pelepasan Tim Surveior Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam rangka akreditasi di Puskesmas Cibogo, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/10/2018). Pelaksanaan survei dan penilaian dari berbagai aspek oleh Kemenkes itu berlangsung selama 3 hari, terhitung pada Kamis (18/10) sampai Sabtu (20/10).

PAMIT – Sebuah pin disematkan oleh perwakilan dari Puskesmas Cibogo kepada para tim survei sebagai ungkapan terima kasih.

Ada beberapa pesan penting yang disampaikan Tim Survei untuk 20 Puskesmas di Kab Cirebon, dan khususnya Puskesmas Cibogo. Dalam paparannya, dr. RR. Endah Yudiantini, MM, mengaku optimis Puskesmas Cibogo bisa meningkatkan mutu pelayanan. “Kami optimis, peningkatan mutu yang berkelanjutan akan terus diupayakan Puskesmas Cibogo. Ingat, selesainya survei akreditasi ini menandakan pelaksanaan mutu pelayanan baru saja dimulai,” ungkapnya. Sambil menunjukkan grafik, Endah memberikan sebuah pencerahan, bahwa mutu itu harus terus meningkat tanpa berbatas waktu.

Sedangkan Surveior lainnya, Achmad Syaifudin, SKM, DAP & E menegaskan bahwa masyarakatlah sebenarnya tim survei sejati. “Tim survei sejati adalah masyarakat. Mereka tidak punya kriteria, mereka tidak punya pedoman, mereka maunya sendiri. Jadi setelah ini selesai bukan pesta kembang api tapi justru memulai hal yang lebih baik,” tandasnya.

Achmad menjelaskan, memang tak dipungkiri bahwa dalam mempersiapkan akreditasi ini banyak hal yang dikorbankan, baik waktu, tenaga, pikiran, bahkan keluarga, dalam kurun waktu 10 bulan terakhir ini. “Silahkan setelah ini istirahat dulu tapi jangan lama-lama, karena besi itu akan mudah dibentuk saat masih panas,” ucapnya berfilosofi.

Sebelum menutup acara exit conference, Achmad menanyakan kesiapan kepada semua awak di Puskesmas Cibogo untuk memperbaiki mutu layanan. “Apakah siap untuk berubah ke arah yg baik? Apakah siap dan ikhlas memperbaiki?,” tanya Ahmad diiringi jawaban “Siap” dari semua awak Puskesmas Cibogo yang juga disaksikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

SAMBUTAN – Kepala UPT Puskesmas Cibogo, Juju Juarsa saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Cibogo Juju Juarsa mengucapkan terima kasih atas survei dan transfer ilmu dari Kemenkes di puskesmas yang dipimpinnya itu. Ia berharap bisa mendapatkan hasil terbaik sehingga pelayanan mutu benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu berjudul ‘Indah Pada Waktunya’. Dimana pada lirik lagu itu, digubah menjadi ungkapan terima kasih untuk para surveior. Sementara dibagian tengah lagu diisi puisi yang dibacakan oleh salah satu karyawan Puskesmas Cibogo. Suasana hidmat berbalut kemeriahan begitu kental terasa. Tak sedikit peserta akreditasi yang menitikkan air mata pada momentum tersebut.

Sukses selalu untuk puskesmas Cibogo dan Puskesmas lainnya di Kabupaten Cirebon. “Semua tertata tanpa terasa berkat standar akreditasi.” (hasan jay/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.