Home » Cirebon » Hari Ini DLH Mulai Angkut Sampah Pasar Pasalaran

Hari Ini DLH Mulai Angkut Sampah Pasar Pasalaran

CIREBON – Gunungan sampah yang berada disamping pasar darurat Pasalaran Desa Weru Lor Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sedang dilakukan pembersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Senin (22/10/2018).

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman menyampaikan gunungan sampah disamping pasar darurat Pasalaran ini merupakan salah satu bentuk dari ulah masyarakat yang tidak tertib akan membuang sampah pada tempatnya.

“Ini jelas bukan tempat sampah. Malah mereka (masyarakat, red) membuang sampah disini. Yang dulu yasudah biarkan berlalu. Kami harapkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan lagi disini,” kata Dedi saat meninjau pembersihan sampah.

Dikatakan Dedi, sumber sampah yang kini menjadi gunungan ini bukan hanya dari pedagang saja. Melainkan masyarakat sekitar menjadi penyumbang terbesar mengenai sampah ini. “Pengurus pasar sudah sering berkoordinasi dengan kami. Waktu itu kami pernah membersihkan sampah ini. Namun karena ketidaktahuan mengenai soal sampah. Akhirnya lahan ini dipenuhi lagi oleh sampah,” kata Dedi.

Masih dikatakan Dedi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di lokasi ini lagi. “Kalau seandainya ada yang ketahuan buang sampah disini lagi. Maka kita akan berikan sanksi moral yaitu bagi siapapun yang membuang sampah disini maka akan kita ekspose di media cetak maupun elektronik,” sambungnya.

Diakuinya, pihaknya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat hari untuk membersihkan sampah ini. “Karena ini sangat banyaj sekali maka kita kerahkan 10 armada sampah tiap harinya. Mudah-mudahan segera bersih kembali,” katanya.

Ditambahkan Dedi, setelah gunungan sampah disamping pasar darurat Pasalaran ini bersih. Pak Bupati menginginkan lahan ini dibuatkan taman. “Nantinya lahan ini akan kita buat jogging track dan ditanami pepohonan seperti pohon angsana maupun pohon salam. Itu sesuai keinginan Pak Bupati kita,” jelasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.