Home » Cirebon » Menuju Smart City, 425 Titik PJU Bakal Terangi 44 Desa di 13 Kecamatan

Menuju Smart City, 425 Titik PJU Bakal Terangi 44 Desa di 13 Kecamatan

CIREBON – Untuk mewujudkan Kabupaten Cirebon Smart City. Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Salah satunya yang dilakukan ialah pengajuan bantuan PJU ke pusat yaitu ke Kementerian ESDM maupun ke Kementerian Perhubungan dan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad mengatakan pihaknya mendapat bantuan dari kementerian ESDM sebanyak 425 titik PJU yang tersebar di 44 Desa 13 Kecamatan sepanjang jalur pantura.

“Rencananya pemasangan itu dilakukan awal bulan November mendatang. Kita bisa mendapatkan hibah PJU banyak dibandingkan dengan kabupaten/kota tetangga dari Kementrian ESDM karena Kabupaten Cirebon paling siap dalam segi administrasi serta teknisnya, dibandingkan Kabupaten/kota lainnya,” kata Abraham kepada wartawan, Senin (22/10/2018).

Diakui Abraham, awalnya mengajukan sebanyak 175 titik PJU, kemudian dapat tambahan 250 PJU lagi. Abraham meminta sebelum dipasang, pihaknya akan mengundang seluruh kepala desa yang mendapat hibah PJU tersebut untuk memberikan penjelasan, bahwa pemasangan PJU ini pemerintah Kabupaten Cirebon hanya sebatas penerima manfaat.

“Dari mulai lelang, matrial PJU, serta pemasangan semuanya dari pusat karena rekanan dari pusat. Artinya, tidak ada aliran dana ke Kabupaten,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Herman Khaeron mengatakan, ada 450 PJU yang akan dipasang di wilayah jalur pantura Kabupaten Cirebon. PJU sendiri menggunakan tenaga solar sel atau tenaga surya. Artinya, tidak menggunakan listrik.

“425 PJU itu diberikan secara gratis atau hibah dari Kementrian ESDM,” kata Hero sapaan akrabnya Herman Khaeron.

Dia menambahkan, bantuan dari pemerintah pusat akan terus digelontorkan untuk PJU. Tahun sekarang, anggaran dari 425 PJU itu nilainya Rp8,9 miliar. “Matrial PJU yang digunakan nanti, lampu LED dan menggunakan solar sel,” tambahnya.

Terpisah, Project Manager PT Tirtha Bhuwana Asri, Julian menuturkan, total pemasangan PJU sebetulnya ada 550 titik. Itu untuk Kota/Kabupaten Cirebon dan Indramayu. Dari jumlah itu, Kabupaten Cirebon akan dipasang 425 titik PJU. Sedangkan Indramayu 75 PJU dan Kota Cirebon 50 PJU. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.