Home » Cirebon » Pergerakan Tanah di Ciwaringin, Pemkab Cirebon Minta Bantuan Pemprov

Pergerakan Tanah di Ciwaringin, Pemkab Cirebon Minta Bantuan Pemprov

CIREBON – Empat bangunan rumah di Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon terjadi pergeseran tanah. Yang mengakibatkan satu rumah milik Anggota Koramil Ciwaringin, Sertu Dulkalim bagian dapur keadaanya retak.

Bahkan pergerakan tanah bukan hanya mengancam bangunan rumah, melainkan jalan poros nasional penghubung Cirebon – Bandung juga mengalami pergeseran.

Plh Bupati Cirebon, Rahmat Sutrisno dan BPBD Kabupaten Cirebon serta unsur Muspika Kecamatan Ciwaringin meninjau lokasi pergeseran tanah tersebut.

Rahmat menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan rapat untuk menangani abrasi yang terjadi ini. “Prosesnya seperti apa, kita akan rapatkan dulu hasil kajiannya seperti apa. Karena pergeseran tanah ini samping sungai Ciwaringin. Dan kewenangan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC), secepatnya juga kita akan berkirim surat kepada BBWS Cimanuk-Cisanggarung,” kata Rahmat.

Dismping itu juga pihaknya akan melaporkan hal ini kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Mudah-mudahan responnya cepat. Teknisnya seperti apa? nanti tim dari Provinsi yang melakukan kajian. Karena abrasi ini mengacam jalur utama Cirebon Bandung seperti tadi sudah ada yang retak,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun reporter jabarpublisher.com dilapangan keempat rumah yang mengalami pergeseran tanah milik Sertu Dulkalim anggota Koramil Ciwaringin, Mulyadi, TB Masduki dan Samian. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*