Home » Cirebon » “SEAMAN JAYA MTC” Solusi Bagi Calon Pekerja Di Dunia Maritim

“SEAMAN JAYA MTC” Solusi Bagi Calon Pekerja Di Dunia Maritim

CIREBON – Info penting bagi anda atau keluarga anda yang masih bingung ingin kerja di Pelayaran, Kapal Pesiar dan bidang Kemaritiman. Kini tak perlu bingung karena solusinya bisa terjawab jika anda datang ke “SEAMAN JAYA” MARITIM TRAINING CENTER (MTC) yang beralamat di Jalan Raya Cirebon – Losari Km 25 Desa Gebang Kulon, Kec Gebang, Kab Cirebon.

PELATIHAN – Suasana pelatihan untuk mendapatkan sertifikat BST di kolam renang Seaman Jaya MTC, Gebang.

Sebagai pembuka, SEAMAN JAYA MTC berdiri tahun 2015 yang sebelumnya adalah tempat wisata Kolam Renang Banyu Adem. Bagi sebagian masyarakat wilayah Cirebon Timur mungkin tidak asing lagi dengan tempat favorit berlibur untuk keluarga sekitar tiga tahun lalu ini. Nah, kini tempat tersebut beralih fungsi sebagai penyelenggara pelatihan dan pendidikan kepelautan. Lalu seperti apa kiprahnya selama 3 tahun terakhir ini?

Iin Indriyatna, SE selaku HRD sekaligus GA Manager SEAMAN JAYA MTC menjelaskan kepada Tim Jabar Publiser (JP) Sabtu (24/11/18) bahwa SEAMAN JAYA MTC adalah tempat penyelenggara Pendidikan dan pelatihan kepelautan yang mengeluarkan Certificate Of Proficiency (COP) dibawah Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berdasarkan peraturan Internasional sesuai ketentuan Standards of Training, Certifitation and Watchkeeping (STCW) dan Internaional Maritime Organization (IMO).

HRD berkerudung ini menjelaskan, dibawah komando Direktur bernama Iskandar ANT (Ahli Nautika) II, SEAMAN JAYA MTC kini memiliki 10 program unggulan antara lain BST, BST KLM (Perikanan), CROWD MANAGEMENT, CRISIS MANAGEMENT, SAT, SATSDSD, SCRB, AFF, MEFA, MC yang masing-masing mempunyai fungsi dan ketentuan sesuai dengan tujuan pekerjaan di atas kapal, baik kapal pesiar, kapal penangkap ikan dan kapal niaga.

“Jadi bagi masyarakat yang lulusan SLTP, SLTA, SMK, ataupun sekolah sederajat lainnya yang punya cita-cita ingin bekerja di kapal laut itu harus mempunyai sertifikat BST (Basic Safety Training). Karena itu langkah awal untuk membekali diri juga sebagai bukti otentik bahwa yang bersangkutan memiliki keterampilan, juga sebagai salah satu syaratnya,” ulas Iin.

Adapun persyaratan untuk ikut pelatihan dan pendidikan agar mendapat sertifikat BST tersebut antara lain, tidak buta warna, keterangan kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk oleh Kemenhub dan lulus mengikuti pendidikan serta pelatihan diklat tersebut, Ijazah minimal lulusan SLTP, dan Biodata pribadi. Untuk instruktur, SEAMAN JAYA MTC memiliki sejumlah instruktur berpengalaman sebagai pelaut dan pengajar yang dipersyaratkan memiliki sertifikat TOT 6.09 dan TOE 3.12, tentunya SEAMAN JAYA MTC juga memiliki sarana dan prasarana pendukung.

FOTO BERSAMA – Karyawan Seaman Jaya MTC, HRD dan Tim Jabar Publisher berfose bersama.

“Alhamdulillah, dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun berjalan ini kami SEAMAN JAYA MTC telah melulusakan peserta diklat sekitar 40 ribu orang dari 10 jenis produk diklat di atas. Untuk pesertanya dari mana-mana, ada dari Jawa, bahkan luar pulau juga,” pungkasnya sambil menginformasikan bahwa program-program berikut biaya pelatihan SEAMAN JAYA MTC bisa diakses di web www.seamanjayamnc.com. (adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.