Home » Cirebon » Keren Banget! SMPN 1 Babakan Gelar Festival Film Antar Kelas
BERFOSE - Kepala Sekolah SMPN 1 Babakan berfose bersama peserta Festival Film di masing-masing kelas.

Keren Banget! SMPN 1 Babakan Gelar Festival Film Antar Kelas

CIREBON – SMP Negeri 1 Babakan akan mengadakan even spektakuler bertajuk pagelaran pentas seni pada Kamis, 6 Desember 2018 mendatang di lapangan basket sekolah setempat.

Salah satu yang paling menarik adalah acara Festival Film yang diikuti oleh masing-masing kelas khususnya Kelas 9 SMPN 1 Babakan. Layaknya pembuatan film profesional, pada pembuatan film ini juga penggarapannya melibatkan aktor, sutradara, penulis sekenario, dan cameraman. Bedanya, itu semua diperankan dan diatur oleh siswa masing-masing kelas. Adapun soal tema, tempat, dan judul film, para siswa bebas memilihnya, yang penting durasinya tidak lebih dari 25 menit.

Deden Japar Sidik, Guru Seni Budaya SMPN 1 Babakan mengatakan, cara penilaian untuk festival film ini ada dua kategori yaitu kategori terbaik dan terfavorit. “Kalau untuk katagori terbaik itu dinilai oleh 6 juri yaitu 2 juri dari SMPN 1 Babakan, 2 juri dari guru seni budaya sekolah lain dan 2 juri dari alumni SMPN 1 Babakan. Sedangkan untuk kategori terfavorit penilaian lewat sosial media dengan sistem voting. Siapapun berhak vote sebanyak banyaknya melalui Facebook dan Instagram. Itu semua mencangkup penilaian sutradara, produser, sekenario, pemeran utama dan pemeran pembantu terbaik dan terfavorit,” ulasnya.

Ia menjelaskan, semua film buatan siswa itu sudah jadi sejak dua bulan lalu dan msih dalam tahapan penilaian. “Setiap kelas sudah memasang poster filmnya di masing-masing kelas,” ungkapnya, Senin (26/11/18).

Pada acara puncak nanti, Kamis (6/12/18), acara akan dibuka oleh SAE yaitu Management Seni Sekolah dengan menampilkan Pameran Lukisan, Band, Musik Tradisional, Modern Dance, Tari Tradisional, Solo Vocal dan Fashion Show oleh masing-masing kelas dan ditutup oleh Band yg merupakan Alumni terpilih.

Sidik mengimbau, bila ingin vote atau mengetahui info lebih lanjut terkait even SMPN 1 Babakan ini, bisa buka Fanspage Facebook: @pagelaranperhelatanseni, IG sekolah: @smpn1babakan serta
IG SAE: @sutajayaartentertainment. “Ayo semua bisa ikut mensukseskan acara ini,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Babakan M. Taufan Agus Santoso S.Pd MM melalui Wakasek Kehumasan Endang Sri Heryanah, S.Pd menambahkan, ajang festival film tersebut bertujuan menggali kreatifitas siswa melalui mata pelajaran seni budaya. “Kami lihat antusiasme siswa sangat tinggi. Dampaknya bisa mengalihkan hal-hal yang bersifat negatif bagi siswa menjadi positif. Tentu kami apresiasi sekali kegiatan ini,” tandasnya.

Sebagai orang nomor satu di SMPN 1 Babakan, M. Taufan juga menegaskan, selain mengapresiasi, kegiatan itu masuk dalam kurikulim sekolah. “Saya sebagai pimpinan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang memang termasuk dalam kurikulum seni budaya. Kegiatan festival film ini tentunya bisa sebagai motivasi siswa SMPN 1 Babakan untuk berkreasi dan terus berinovasi,” ujar Kepala Sekolah yang dikenal disiplin ini.

Dan perlu diketahui, suksesnya even ini juga karena didukung oleh Pengawas Seni Budaya Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Sutiyono S.Pd, MM. “Dengan Agama hidup ini akan terarah, dan dengan seni hidup ini akan indah,” kata kepsek berfilosofi. (adi)

BERFOSE – Kepala Sekolah SMPN 1 Babakan berfose bersama perwakilan peserta Festival Film di masing-masing kelas lengkap dengan poster dan film mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.