Home » Cirebon » Jelang Natal dan Tahun Baru, Tim Satgas Pangan Kabupaten Cirebon Cek Harga Pokok ke Pasar Tradisional

Jelang Natal dan Tahun Baru, Tim Satgas Pangan Kabupaten Cirebon Cek Harga Pokok ke Pasar Tradisional

CIREBON – Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Tim Satgas Pangan yang dipimpin Ketua Satgas AKBP Suhermanto Kapolres Cirebon bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Bulog Sub Divre Cirebon, melakukan sidak ke pasar Sumber dan Pasalaran, Kamis (13/12/2018).

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengatakan, sejauh ini kondisi harga pangan di pasar Sumber cenderung stabil. Tidak ada kenaikan harga secara signifikan.

“Pengecekan ini sengaja dilakukan karena jelang libur panjang akhir tahun. Biasanya ada kenaikan harga sembako. Tapi tadi hasil pengecekan tidak ada kenaikan yang drastis, ada kenaikan masih di anggap wajar,” kata Suhermanto kepada wartawan.

Pihaknya akan terus memonitor kondisi harga pangan di pasar-pasar tradisional. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya akan menindak tegas. “Kami akan menindak tegas apabila ditemukan pelanggaran seperti upaya mempermainkan harga, penimbunan sembako,” tegasnya.

Ditambahkan Kapolres, kalau terjadi kenaikan karena mekanisme pasar, boleh saja. “Namun apabila ada indikasi manipulasi atau monopoli, kita akan melakukan penyelidikan,” tegasnya.

Hal terpenting dalam pengecekan ini terkait tingkat kesehatan dari harga pangan itu sendiri. Dalam pengecekan yang dilakukan, pihaknya menyatakan tidak ada temuan yang mengarah ke pencampuran zat berbahaya. “Paling penting itu tingkat kesehatan makanan, tadi ngecek sample ayam, daging ikan yang paling penting baso harus halal, kedua harus terbebas dari campuran,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdangangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, mengungkapkan pihaknya setelah melakukan pengecekan harga dengan Tim Satgas Pangan tidak ada kenaikan harga yang drastis, namun ada kenaikan juga masih dianggap wajar.

“Untuk stok sembako sampai awal tahun 2019 dinyatakan aman, Bulog juga menyatakan aman. tidak hanya akan sidak ke pasar tradisional, pihaknya juga akan sidak harga ke pasar modern, sekaligus mengecek tanggal kadaluarsa produk makanan kemasan,” kata Deni. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.