Home » Cirebon » PMI Ikut Sosialisasikan PHBS ke Masyarakat

PMI Ikut Sosialisasikan PHBS ke Masyarakat

CIREBON – PMI Kabupaten Cirebon menjadi salah satu bagian ikut mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebab, gerakan PHBS sebagai langkah awal menuju peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon Rd Sri Heviyana mengatakan, derajat kesehatan dipengaruhi 4 faktor yaitu pertama faktor lingkungannya, perilaku masyarakatnya, pelayanan kesehatannya, dan faktor keturunannya.

Dikatakan Heviyana, faktor lingkungan inilah yang paling besar menentukan status kesehatan. Artinya, anggota keluarga atau keluarga lainnya dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat

“PHBS salah satu bidang kesehatan untuk mendongkrak IPM,” kata Heviyana, usai sosialisasi PHBS di Kecamatan Gunungjati, Jum’at (14/12/2018).

Masih dikatakan Heviyana, PHBS ini salah satu cara menekan gizi buruk dan terhindar dari segala penyakit. Karena itu, sosialisasi PHBS ini harus terus digencarkan oleh semua pihak. “PHBS relevansinya sangat erat sekali dengan PMI. Tapi, untuk menerapkan PHBS itu atas kesadaran sendiri. Kemudian, mereka berperan aktif menggetoktularkan kegiatan di masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Heviyana, tatanan PHBS melibatkan beberapa elemen yang merupakan bagian dari tempat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dan menjadi simpul-simpul untuk memulai proses penyadaran tentang PHBS. “PHBS itu harus dimulai dari rumah, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan dan tempat umum,” katanya.

Di akhir Heviyana menambahkan, secara umum PHBS dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

“Saya kira untuk kualitas PHBS di Kabupaten Cirebon terus meningkat. Karena banyak pihak yang ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat arti penting PHBS,” tandasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.