Home » Cirebon » Mudik Natal Di Rest Area Kanci – Pejagan Terpantau Kondusif

Mudik Natal Di Rest Area Kanci – Pejagan Terpantau Kondusif

CIREBON – Untuk memberikan rasa nyaman dan aman terhadap masyarakat Kabupaten Cirebon pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, Polres perketat pengamanan di gereja dan sejumlah jalur. 

SIAGA – Sejumlah petugas Polri dan TNI siaga di Pos Pengamanan natal dan tahun baru Rest Area 228 Tol Kanci Pejagan.

Demikian diungkapkan oleh Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, dalam Operasi Lilin Lodaya 2018 pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Cirebon juga sudah melakukan upaya persiapan yang cukup matang dengan berdirinya 14 Pospam (pos pengamanan) yang tersebar di wilayah hukum Polres Cirebon.

“Posko utama kita di Mapolres Cirebon, sedangkan 14 Pospam lainnya tersebar dari Susukan sampai Losari. Setiap pospam ini, dijaga oleh sekitar 30 anggota gabungan Polres Cirebon dan Polsek jajaran dengan di bagi menjadi 3 sift,” kata Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto.

Dijelaskannya, dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2018 ini, pihaknya telah menerjunkan 614 personil dari gabungan Polres Cirebon dan Polsek jajaran.

“Seperti di gereja Bethel yang berada di Arjawinangun dan gereja Santa Theresia yang berlokasi di desa Jatiseng, Ciledug. Selain itu, untuk pengamanannya kita juga dibantu oleh Jibom dari Brimob Polda Jabar,” ujarnya. Dia berharap, pada perayaan Natal ini, dalam situasi aman dan kondusif tidak ada suatu hal yang di inginkan.

Sementara itu, dari pantauan JP di Pospam Rest Area Km 228 Tol Kanci – Pejagan, Senin (24/12/2018), sejumlah petugas Polres dibantu Kodim 0620 tampak berjaga-jaga dan memberikan penjelasan kepada pengguna jalan yang bertanya soal jalur. Ada tiga regu dimana masing-masing regu beranggotakan 10 orang yang bertugas selama 12 jam dan dibantu 2 personil dari Koramil Pabuaran. Situasi juga terpantau kondusif. Giat ini sudah dimulai sejak tanggal 21 dan berakhir pada 2 Januari 2019.

BERJAGA – Petugas kesehatan dari Puskesmas Cibogo berjaga di depan Pos Kesehatan lengkap dengan ambulance yang juga disiagakan di lokasi.

Pantauan JP dilanjutkan pada Pos Kesehatan Puskesmas Cibogo di rest area yang sama. Kepala TU yang juga penanggung jawab tim pos kesehatan, Ahmad Kartono mengatakan pada momen Natal dan Tahun Baru 2019 ini, pihaknya menugaskan dua tim selama selama tiga hari. Satu tim dibagi menjadi tiga shift yang masing masing berjumlah 4 orang perawat dan bidan dengan waktu jaga selama 8 jam.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan atau pengobatan di posko ini merupakan program Dinkes Kab Cirebon dan tidak dipungut biaya alias gratis. Dan jumlah ter update sudah ada 34 pasien yang memeriksakan kesehatan mereka di pos kami,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, selama bertugas mayoritas pasien mengeluhkan pegal-pegal, pusing, dan tensi darah yang naik karena konsentrasi saat menyetir kendaraan.

“Keluhannya kebanyakan pegal-pegal dan pusing. Alhamdulillah belum ada yang sampai parah dan dirujuk RS, jadi masih aman-aman saja,” jelasnya didampingi Kepala Puskesmas Cibogo Juju Juarsa.

Salah seorang pengendara mobil, Saputra, mengaku sempat bingung karena dia pikir pemeriksaan kesehatan tersebut dipungut biaya. “Saya pikir bayar, karena dispanduk tidak ada tulisan ‘gratis’ tapi akhirnya saya tanyakan ternyata benar gratis. Masukan untuk dinas kesehatan ya harusnya spanduk yang dipersiapkan untuk tahun baru diberi tulisan gratis, sehingga masyarakat seperti saya tidak bingung,” pria asal Purwodadi itu. (adi)

PEMERIKSAAN – Pengguna jalan saat memeriksakan kesehatan di Pos Kesehatan Puskesmas Cibogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*